Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di antara jenis kacang-kacangan yang ada, almond adalah salah satu yang jadi favorit. Tak hanya memiliki rasa yang unik, kacang ini ternyata juga baik untuk Anda yang sedang diet. Tahu tidak ternyata selain dikonsumsi, almond juga bisa digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit dan rambut?

Sehat dan Cantik dengan Almond yang Direndam Semalaman

Sejarah Almond

Untuk penduduk asli padang pasir di Timur Tengah dan juga Afrika Utara, almond adalah makanan sakti karena nutrisi besar yang ada di dalamnya. Kacang ini dinilai paling bergizi di pasaran karena memilik kandungan serat larut dan tak larut, protein, asam lemak omega 3 dan omega 6, vitamin E, kalium, seng, kalsium, magnesium dan lainnya. Tak heran, meski agak mahal tapi almond tetap jadi idola.

Mengapa Harus Almond Rendaman?

Menurut ahli gizi dilansir dari Stylecraze.com, almond yang sudah direndam semalaman menghilangkan bahan beracun yang ada di lapisannya, mengurai kandungan gluten dan melepas asam fitik. Inilah yang membuat kandungan almond jadi lebih maksimal. Lantas apa saja manfaat maksimalnya?

1. Untuk kesehatan

Ada banyak sekali manfaat almond untuk kesehatan, tak Cuma baik untuk pencernaan. Jika disebutkan ada sembilang manfaat utamanya yaitu memperbaiki kesehatan pencernaan, baik untuk kesehatan bayi dalam kandungan, menambah fungsi otak, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung, merawat tekanan darah, menjadi obat yang baik untuk diabetes melitus, pas untuk mengurangi berat badan dan juga mengobati konstipasi. Melihat manfaat baiknya, sudah makin yakin kan untuk memasukkan almond ke dalam menu sehari-hari?

2. Untuk perawatan kulit

Tak jauh berbeda jika dikonsumsi, penggunaan luar juga akan membawa beberapa manfaat. Di antaranya, Anda bisa menghaluskan biji almond yang sudah direndam dan memakainya sebagai pelembab alami. Selain itu, ada juga manfaat lainnya seperti mengembalikan kilau wajah, mencegah penuaan, menghilangkan sel kulit mati (gunakan sebagai lulur dengan bantuan susu, lemon atau madu), dan juga merawat kulit yang mengalami peradangan dan iritasi. Hebat sekali bukan?

3. Untuk perawatan rambut

Dengan minyak zaitun, almond bisa menjadi masker rambut yang sempurna dan menghasilkan rambut yang lebih sehat serta lembut. Pemakaian setiap haripun tak jadi masalah. Selain itu, mengubahkan menjadi pasta juga akan membuat rambut jadi makin kuat. Oles dan pijatkan saja pada kulit kepala. Selain itu kerusakan rambut seperti rambut rontok dan juga rambut kusam pun bisa teratasi. Ingin rambut panjangmu makin halus dan berkilau? Almond juga jawabannya.

Tak masalah merogoh kocek agak banyak demi manfaat yang juga selangit. Mari belanja almond untuk perawatan seluruh tubuh yang maksimal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi