Segelas Milkshake Sudah Mampu Memicu Dampak Ini Bagi Pembuluh Darah

Photo Source: Flickr/ Michael Saechang

DokterSehat.Com– Milkshake adalah salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang, khususnya anak muda. Rasanya yang nikmat bisa membuat kita ketagihan dan kerap mengonsumsinya. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, milkshake termasuk dalam minuman yang tidak sehat bagi kesehatan.

Photo Source: Flickr/ Michael Saechang

Dikutip dari Live Science, sebuah penelitian menghasilkan fakta mengejutkan tentang dampak buruk dari mengonsumsi segelas milkshake. Tak disangka, minuman ini bisa membuat pembuluh darah dan sel darah merah mengalami perubahan dengan signifikan.

Dalam penelitian ini, 10 pria sehat diminta untuk mengonsumsi milkshake yang terbuat dari susu utuh, es krim, dan krim kocok. Minuman ini memiliki 80 gram lemak dan 1.000 kalori. Empat jam setelah mengonsumsinya, para pria ini kemudian dicek kondisi kesehatannya.

Hasil pengecekan kesehatan ini menghasilkan fakta bahwa segelas milkshake sudah cukup untuk membuat pembuluh darah menegang. Bahkan, sebagian sel darah merah dalam tubuh berubah bentuk menjadi lebih runcing, bukannya mulus seperti sel darah yang normal.

Profesor Julia Brittain dari Augusta University’s Medical College, Georgia, Amerika Serikat, berkata bahwa sel darah merah yang sehat seharusnya memiliki bentuk yang mulus dan cantik. Sayangnya, setelah kita minum milkshake, sebagian sel darah merah ini menjadi lebih runcing sehingga bisa membahayakan kesehatan pembuluh darah.

Beruntung, efek kesehatan ini hanyalah terjadi untuk sementara saja bagi mereka yang cenderung sehat. Namun, jika kita kerap mengonsumsi milkshake dan makanan cepat saji seperti burger, maka efek ini tentu akan semakin terasa sehingga kesehatan pembuluh darah akan menjadi semakin buruk.

Selain mengalami perubahan kesehatan pembuluh darah, para pria ini juga mengalami perubahan enzim bernama myeloperoxidase. Enzim ini bisa membuat pembuluh darah menjadi kaku dan akhirnya meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Melihat adanya fakta ini, jangan sering-sering mengonsumsi milkshake dan minuman tidak sehat lainnya, ya?