Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Pijat merupakan sebuah aktivitas yang melakukan penekanan pada titik tertentu pada organ tubuh. Pijat sendiri dipercaya bisa memberikan kebugaran bagi tubuh. Umumnya, mereka yang dipijat memiliki kendala seperti capek, pegal, ataupun kram. Tapi, tidak sampai di situ, banyak juga teknik pijat yang digunakan sebagai terapi saat tulang patah.

Sederhana Tapi Bermanfaat, Inilah Trik Pijat Jari yang Wajib Anda Coba!

Photo Credit: pexels.com

Pijat bisa dikatakan sebagai metode pengobatan tradisional yang tanpa menggunakan obat-obatan atau bahan kimia. Sebab, yang dilakukan adalah mengobati dari luar dengan cara menekan titik tertentu untuk melancarkan peredaran darah serta sistem syaraf dalam tubuh seseorang.

Nah, bicara mengenai pijat, sampai saat ini begitu banyak jenis pijat yang tersedia, mulai dari pijat kepala, pijat leher, hingga pijat perut. Tapi baru-baru ini ada lagi sebuah jenis pijat yang menjadi buah bibir netizen di jagad maya. Jenis pijat tersebut bernama Jin Shin Jyutsu, asal Negeri Sakura Jepang.

Jin Shin Jyutsu merupakan teknik pijat yang dikatakan sebagai seni penyembuhan hilostik yang cara kerjanya menekan beberapa titik pada tubuh. Dalam konsepnya, Jin Shin Jyutsu lebih menekankan titik pada jari seseorang. Teknik ini terbukti bisa memberikan manfaat bagi kesehatan bahkan proses penyembuhan dari berbagai macam penyakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Percobaan telah dilakukan oleh University of Kentucky Markey Cancer Center yang melakukan teknik pijat Jin Shin Jyutsu kepada pasien penderita kanker. Alhasil, pasien tersebut menjadi lebih rileks dan mengurangi reaksi seperti nyeri hingga rasa tak nyaman. Dengan perasaan rileks dan semangat, tentunya tingkat kesembuhan menjadi lebih besar.

Selain itu, dikatakan pula jika Jin Shin Jyutsu merupakan salah satu jenis pijat terbaik dan aman dilakukan. Pasalnya, pada tangan seseorang, ada seluruh jaringan yang terhubung ke semua organ di dalam tubuh. Maka dari itu, pijat ini sangat aman dilakukan walaupun bukan ahlinya. Adapun titik pada jari tersebut adalah jempol, jari telunjuk, jari tengah, jari manis, hingga kelingking. Kelima jari memiliki peranan serta fungsi masing-masing yang terhubung dengan berbagai organ tubuh lainnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi