Terbit: 16 Februari 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Akhir-akhir ini buah plum mulai banyak didengar orang. Buah plum memang tidak terlalu populer karena masih belum banyak dibudidayakan di Indonesia namun buah ini terkadang tersedia dalam bentuk segar di beberapa pusat perbelanjaan besar.

Sedang Hits, Apa Kamu Sudah Tau Buah Plum?

Buah plum banyak terdapat di Amerika Serikat, Eropa dan Cina namun buah plum paling banyak dibudidayakan di Eropa dan Cina. DI negara Cina buah ini termasuk salah satu buah yang banyak tersedia karena kerap dihubungkan dengan cerita mitologi China yang melambangkan kearifan dan keabadian.

Buah ini memiliki banyak jenis, di setiap negara yang umumnya jenis buah plum yang baik ditanam bergantung pada kondisi iklimnya. Dari berbagai jenis buah tersebut buah plum memmiliki banyak tampilan Secara warna, buah plum dapat berwarna krem kekuningan, merah, merah keunguan, biru muda atau hitam. Buah plum yang ditanam di Indonesia umumnya berwarna hijau kekuningan. Buah plum di Eropa berwarna merah keunguan sedangkan buah plum dari Cina berwarana hitam.

Buah plum secara umum memiliki rasa manis dengan aroma harum yang khas harum. Dari segi ukuran buah plum biasanya sebesar 5-6 cm, ukuran buah ini lebih besar dari buah anggur yang besar. Buah plum yang dibudidaya di negara kita memiliki kandungan air yang lebih banyak dibandingkan dengan buah plum yang dibudidayakan di Eropa. Selain itu rasa buah plum yang dihasilkan di Indonesia cenderung ke lebih ke manis-asam.

Buah plum umumnya dimakan dalam bentuk langsung namun juga dapat diolah dalam menjadi bentuk kering (disebut prune) seperti kismis. Buah plum segar enak dinikmati untuk menghilangkan rasa dahaga karena kandungan cairan yang tinggi, sedangkan dalam bentuk kering dapat disajikan sebagai bahan tambahan roti, kue atau sebagai topping sereal atau salad.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba buah plum?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi