Sedang Diet, Tapi Ingin Makan Gorengan? Ini Triknya

lumpia-goreng-doktersehat
Photo Credit: flickr/ pulaw

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak tergoda makan gorengan. Meski kita tahu bahwa gorengan cenderung tidak sehat, tapi rasa gurih dan nikmatny seolah tidak bisa terganti. Hal ini yang sering mengganggu diet penurunan berat badan. Namun, tenang saja, ada cara agar kita bisa makan gorengan tanpa harus menggagalkan diet.

Makanan yang digoreng, berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang boleh dikonsumsi sebanyak 5 porsi. Hal ini untuk mencegah asupan lemak yang berlebihan. Jika sedang diet maka jika ingin makan gorengan, kita sebaiknya mengonsumsi gorengan tidak sampai 5 kali.

Selain itu, WebMD menyebutkan beberapa cara sehat jika kita ingin memakan gorengan, yaitu:

1.Membuat gorengan sendiri

 

Dengan membuat gorengan sendiri, kita bisa mengatur penggunaan minyak, mulai dari jenis dan cara menggorengnya. Hal ini untuk menjaga agar minyak pada gorengan yang kita konsumsi lebih berkualitas.

2. Menggunakan minyak dari tanaman

 

Hindari penggunaan mentega ketika menggoreng, gunakan minyak zaitun atau minyak kedelai. Minyak jenis ini lebih kaya kandungan lemak baik. Namun perlu diperhatikan, beberapa jenis minyak dari tanaman atau biji-bijian tidak cocok digunakan untuk metode menggoreng dengan banyak minyak atau deep frying.

3. Tidak menggunakan minyak berulang

Gunakan minyak baru saat akan menggoreng karena minyak yang sudah pernah digunakan cenderung memiliki kandungan lemak jahat lebih banyak dari bahan makanan yang digunakan menggoreng sebelumnya.

4. Tidak menggoreng terlalu lama

Makanan yang digoreng terlalu lama akan menyerap minyak yang banyak pula. Hal ini sebaiknya dihindari dengan memerhatikan warna gorengan. Jika sudah mulai tampak warna keemasan maka segera angkat. Jadi, tidak perlu menunggu warna cokelat berlebihan.

5. Gunakan kertas penyerap minyak atau tisu khusus

 

Setelah menggoreng, tiriskan gorengan di atas kertas atau tisu yang menyerap minyak sehingga kandungan minyak bisa terserap lebih banyak.

nah, kelima tips tersebut bisa kita terapkan jika sudah tidak tahan lagi untuk makan gorengan, meski sedang menjalani program diet. Tapi ingat bahwa jumlah yang dikonsumsi paling banyak hanya 5 porsi ya. Selamat mencoba!