Cukup banyak orang yang mengaku kesulitan untuk menurunkan berat badan. Padahal, kondisi badannya sudah terasa tidak nyaman dan berbagai pakaian sudah sulit untuk dikenakan. Pakar kesehatan menyebut hal ini bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan sering makan bareng dengan teman. Kok bisa?

makan-bersama-porsi-doktersehat

Penyebab Sulit Menurunkan Berat Badan

Makan bersama dengan teman-teman memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Kita bisa merasakan kehangatan atau bahkan keasyikan sambil mengobrol. Masalahnya adalah hal ini ternyata membuat kita tidak benar-benar fokus pada makanan yang kita konsumsi.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American Journal of Clinical Nutrition, disebutkan bahwa makan bersama dengan teman-teman cenderung membuat kita makan dengan porsi lebih banyak dibandingkan dengan saat makan dengan sendirian.

Saat kita makan sambil mengobrol, kita cenderung tidak memperhatikan seberapa banyak isi piring makanan atau seberapa besar porsi suapan yang kita lahap. Bahkan, karena ingin segera terlibat dalam obrolan, bisa jadi kita tidak mengunyah makanan dengan cukup cepat sehingga langsung menelannya saat makanan masih dalam kondisi kasar. Hal ini membuat kita makan dengan lebih cepat.

Otak ternyata membutuhkan waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang pada perut kita. Jika kita makan dengan cepat, maka sudah ada banyak makanan yang masuk ke dalam perut dan sinyal kenyang baru muncul. Kita pun akan langsung merasakan kekenyangan. Hal inilah yang membuat kita bisa mengalami kenaikan berat badan.

Lantas, apakah hal ini berarti orang yang sedang dalam program diet sebaiknya tidak makan bersama? Memang, hal ini sepertinya cukup berlebihan, namun kita sebaiknya memang tidak sering-sering melakukannya demi memastikan pola makan yang lebih sehat. Jika kita tetap ingin sering makan bersama, bisa meminta teman-teman untuk memperingatkan kita jika memilih menu makanan atau porsi makanan yang kurang sehat.

Tips Makan Jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Tak hanya mulai menurunkan kebiasaan makan bersama, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal lain yang perlu kita perhatikan saat makan jika ingin menurunkan berat badan.

Berikut adalah cara-cara yang bisa kita lakukan tersebut.

  1. Mencukupi Kebutuhan Air Minum

Jangan salah, bisa jadi kita kesulitan untuk menerapkan pola makan yang sehat akibat tidak memenuhi kebutuhan air putih dengan cukup lho. Terkadang otak kesulitan untuk membedakan rasa haus dan lapar. Bukannya minum air, bisa jadi kita justru tertarik untuk makan atau ngemil.

Mencukupi kebutuhan air putih juga bisa membantu perut menjadi lebih kenyang. Jika kita mengonsumsinya sebelum makan, bisa membuat kita tidak begitu tertarik untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar. Hal ini tentu akan membuat pola makan kita menjadi tidak berlebihan dan berimbas pada berat badan yang menurun.

  1. Tidak Mengonsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan seperti nugget, sosis, hingga sayuran kalengan memang sangat praktis untuk diolah dan memiliki rasa yang enak, namun makanan-makanan ini tinggi bahan kimia, pengawet, natrium, atau gula. Terlalu sering mengonsumsinya bisa berimbas pada kenaikan berat badan dan dampak kesehatan lainnya.

  1. Mengonsumsi Makanan Segar

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memilih makanan segar, khususnya yang berasal dari penyedia makanan lokal. Makanan-makanan ini tidak perlu menempuh perjalanan jauh sehingga bisa dipastikan kesegaran dan kualitasnya.

  1. Menyempatkan Diri Untuk Menghindari Daging-Dagingan

Cobalah untuk menghindari daging-dagingan sekitar beberapa hari dalam seminggu. Hal ini bisa membuat kita membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat sehingga akan mendukung keberhasilan program diet.

  1. Menjaga Porsi Makanan

Cobalah untuk memvariasikan jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari namun menjaga porsinya agar tidak berlebihan. Sebagai contoh, cobalah sayuran-sayuran jenis baru yang unik dan bisa membuat kita tertarik untuk mengonsumsi makanan sehat.

 

Sumber

  1. Thomas, Liji. 2019. People tend to eat more when eating with other people.news-medical.net/news/20191007/People-tend-to-eat-more-when-eating-with-other-people.aspx (Diakses pada 25 Januari 2020).