Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok adalah hal yang merugikan kesehatan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa adanya paparan zat dari rokok menyebabkan berbagai penyakit, disamping itu, merokok terbukti mengurangi asupan lebih dari 10 jenis zat gizi dalam tubuh. Lalu, harus bagaimana?

Sedang Berusaha Berhenti Merokok? Ini Vitamin yang Harus Dikonsumsi

Pakar kesehatan dan gizi dari Academy for Micronutrient Medicine, Uwe Grober, menyebutkan bahwa satu-satunya cara menghindari hal tersebut tentu saja dengan tidak merokok.

Untuk itu para perokok harus segera mencari cara agar kebiasaan merokok segera berhenti. Selama masa membiasakan diri tersebut, asupan vitamin harus dipenuhi untuk menggantikan berbagai zat gizi yang telah hilang selama merokok. Beberapa vitamin yang perlu dikonsumsi adalah:

1. Vitamin C

Vitamin C terbukti memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sayangnya berbagai zat dalam rokok menghancurkan hampir semua fungsi antioksidan yang ada pada vitamin C. Untuk itu suplemen dan bahan makanan tinggi vitamin C dianjurkan untuk dikonsumsi para perokok. Dosis vitamin C yang cukup tinggi yaitu 1000-3000 mg dalam sehari dianjurkan untuk orang dewasa yang merokok.

2. Vitamin B

Zat berbahaya dalam rokok mengurangi ketersediaan dan penyerapan vitamin B dalam tubuh. Sama dengan vitamin C, suplemen vitamin B, utamanya vitamin B6 sebaiknya dikonsumsi oleh perokok. Dosis yang dianjurkan untuk perokok dewasa adalah 10-50 mg vitamin B kompleks dalam sehari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Vitamin E, asam folat, dan vitamin D

Ketiga vitamin ini berkurang ketersediaannya karena terganggu paparan zat yang ada pada rokok. Untuk itu perokok harus mencukupi kebutuhan vitamin E, asam folat dan vitamin D karena kebutuhannya meningkat.

4. Mineral: selenium dan kalsium

Sama dengan kebutuhan vitamin, mineral kalsium dan selenium terganggu dengan adanya zat berbahaya pada merokok. Dosis selenium untuk perokok dewasa lebih tinggi dari non-perokok yaitu 200 mcg dalam sehari, sedangkan kebutuhan kalsium, utamanya untuk perokok wanita harus ditingkatkan.

Konsumsi vitamin di atas dianjurkan agar kebutuhan vitamin selama merokok terpenuhi. Jika merokok sudah bisa berhenti maka vitamin dosis tinggi seperti di atas tidak lagi diperlukan.

Mengonsumsi vitamin saat merokok memang mampu mencukupi kebutuhan zat gizi, namun tentu akan lebih baik jika kebiasaan merokok dihentikan, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi