Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa menimbang berat badan tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena hasilnya tentu belum banyak berubah sehingga penimbangan berat badan menjadi tidak efektif. Lalu berapa kali frekuensi kita perlu menimbang berat badan?

Seberapa Sering Kita Perlu Menimbang Berat Badan?

Beberapa asosiasi kesehatan menyebutkan bahwa menimbang berat badan, baik untuk orang yang menjalani diet penurunan berat badan maupun tidak, sebaiknya dilakukan tiga minggu sekali.

Sedangkan di Indonesia, Kementerian Kesehatan menganjurkan memantau berat badan, dengan cara menghitung indeks massa tubuh, setiap satu bulan sekali.

Perlu diingat bahwa menimbang berat badan bukan hanya untuk melihat hasil diet penurunan berat badan saja.

Departement of Health and Social Services Alasca menyebutkan bahwa menimbang berat badan merupakan hal yang penting sebagai pengukur atau indikator kesehatan umum bagi semua kelompok usia, mulai dari bayi, dewasa hingga lansia.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Beberapa manfaat dari menimbang berat badan secara rutin satu kali dalam sebulan bagi masing-masing kelompok usia adalah:

  • Bagi bayi atau balita, menimbang berat badan secara teratur tentu akan memantau tumbuh kembang anak. Hal ini penting karena akan menunjukkan kondisi kesehatan anak secara umum karena lazimnya bayi atau balita yang sedang mengalami sakit, misalnya diare, demam atau batuk, yang tidak segera ditangani berat badannya bisa menurun.
  • Bagi anak-anak dan dewasa, memantau berat badan untuk mencegah tubuh terlalu kurus atau obesitas. Dengan memantau berat badan maka kita akan tahu jika berat badan berubah drastis dalam 1-2 bulan, hal ini bisa menjadi indikator agar kita mencari penyebab turunnya berat badan dan segera menanganinya agar kondisi tubuh kembali optimal.
  • Bagi lansia, hampir sama dengan kelompok usia lainnya, pada lansia umumnya pemeriksaan kesehatan secara rutin memang sangat dianjurkan untuk memantau kesehatan umum dan fungsi serta sistem organ tubuh.

Nah, jadi kini meskipun Anda tidak sedang menjalani diet penurunan berat badan, selalu pantau berat badan Anda secara rutin, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi