Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi penggemar sambal, mengonsumsi sambal dalam porsi yang cukup banyak memang menjadi hal lumrah ya. Namun sebenarnya, adakah anjuran berapa banyak porsi makan sambal?

Seberapa Banyak Sih Boleh Makan Sambal?

Sambal memang menjadi teman makan yang akan melengkapi berbagai sajian makanan kita. Mulai dari camilan, kerupuk hingga makanan utama akan sangat cocok jika dikonsumsi dengan sambal. Selain rasanya yang nikmat, sambal juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan makanan lain, lho.

Agar mendapatkan manfaatnya yang maksimal, kita tentu tidak bisa sembaragan dalam mengonsumsi porsi sambal ya. Seperti yang kita ketahui terlalu banyak mengonsumsi sambal akan menyebabkan pencernaan terganggu, bahkan meskipun kita sudah terbiasa mengonsumsinya.

Untuk itu, beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mengonsumsi sambal adalah:

1. Kondisi kesehatan pencernaan

Hal penting yang harus mendapatkan perhatian tentu saja kesehatan pencernaan kita ya. Sambal memiliki rasa pedas dan akan memengaruhi organ pencernaan utamanya lambung. Pembentukan asam lambung bisa meningkat dengan konsumsi sambal, apalagi pada penderita gangguan lambung misalnya maag.

Untuk itu, sebelum mengonsumsi sambal, maka perhatikan dulu apakah Anda memiliki riwayat gangguan pencernaan yang justru akan semakin parah dengan mengonsumsi sambal. Jika memang terjadi, maka konsumsi sambal sebaiknya harus melalui anjuran dokter karena dikhawatirkan akan memperparah penyakit

2. Tingkat kepedasan

Belakangan ini berbagai olahan makanan pedas menawarkan berapa banyak pengunaan jumlah cabai dalam sambal ya. Hal ini juga akan memengaruhi seberapa banyak sambal yang bisa kita konsumsi. Semakin banyak cabai yang digunakan maka sebaiknya porsi yang kita konsumsi lebih sedikit agar tidak melukai lambung.

3. Porsi sambal yang dianjurkan

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, satu porsi sambal adalah sebesar 50-60 gram. Angka ini setara dengan 4-5 sendok makan sambal.

Sambal yang dianjurkan adalah sambal yang terbuat dari cabai, tomat, serta beberapa rempat misalnya bubuk bawang atau tambahan lada. Cabai yang digunakan juga tidak terlalu banyak ya, maksimal 6-8 buah cabai yang sudah matang.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi