Terbit: 12 Februari 2018 | Diperbarui: 17 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah sering kita dengar kalau tidak makan nasi bisa diganti saja dengan roti. Hal ini bukan tanpa alasan karena seperti yang kita ketahui bahwa roti juga merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Disamping itu roti cenderung praktis, dan kini roti semakin mudah kita peroleh dengan banyaknya inovasi produk roti. Sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa makan roti sama dengan makan nasi. Tapi apakah dengan mengonsumsi roti berarti kita sudah dapat mengganti konsumsi nasi?

Seberapa Banyak Roti yang Perlu Kita Makan Untuk Mengganti Nasi?

Sebelum kita akan mengonsumsi roti untuk menggantikan nasi, teryata ada hal yang perlu kita perhatikan yaitu seberapa banyak porsinya. Roti dan nasi memang merupakan bahan makanan yang kaya kandungan karbohidrat. Namun kandungan tersebut bisa sama jumlahnya dalam porsi yang berbeda. Roti baru bisa menggantikan kandungan satu porsi nasi (100 gram nasi atau satu centong) apabila kita mengonsumsinya sebanyak 3 iris roti atau 70 gram roti. Dalam contoh ini yang dimaksud 3 iris adalah bentuk roti berupa roti tawar yang umumnya dipotong persegi dan tipis-tipis.

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan RI, sebanyak 3 iris roti tersebut setara kanduangannya dengan satu centong nasi yaitu sama-sama mengandung 175 kalori. Hal ini juga bisa diterapkan bukan hanya pada roti putih (umumnya roti tawar) namun juga roti berwarna coklat (misalnya roti tawar gandum atau roti dengan bahan dasar yang menghasilkan warna coklat alami dari bahan bakunya).

Perlu juga diperhatikan bahwa dengan semakin berkembangnya produk inovasi, roti biasanya disajikan dengan penambahan bahan makanan lain seperti selai, coklat atau keju. Hal ini tentu perlu kita perhatikan karena 3 iris roti yang dimaksud adalah roti saja tanpa tambahan bahan makanan lain. Penambahan bahan makanan lain akan menambah pula kandungan energi pada roti tersebut.
Sehingga sebelum mengganti nasi dengan roti, ingat ya ada hal yang harus diperhatikan yaitu berapa banyak jumlah roti serta ada atau tidaknya bahan makanan lain pada roti.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi