Terbit: 1 Mei 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kerap tidak disadari, namun ternyata kecap merupakan salah satu bahan makanan yang harus dibatasi konsumsinya oleh penderita hipertensi lho.

Seberapa Banyak Penderita Hipertensi Boleh Mengonsumsi Kecap?

Mengapa demikian? Jika kita beranggapan bahwa makanan yang harus dibatasi oleh penderita hipertensi adalah makanan yang rasanya asin, ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Kandungan gizi yang harus dibatasi oleh penderita hipertensi adalah natrium atau sodium, kedua kandungan gizi inilah yang tinggi pada kecap namun kerap tidak disadari karena umumnya kecap rasanya manis.

Untuk itu penggunaan kecap bagi penderita hipertensi harus diperhitungkan dengan tepat agar tidak melebihi kebutuhannya. Lalu, seberapa banyak penderita hipertensi boleh mengonsumsi kecap?

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, kandungan natrium yang ada pada 100 gram kecap adalah sebesar 5400 mg. Sedangkan kebutuhan harian orang dewasa yang non-hipertensi adalah sebesar 1500 mg.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Dari data di atas maka beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam konsumsi kecap untuk penderita hipertensi adalah:

  • Satu sendok makan kecap memiliki kandungan kurang lebih 500 mg natrium
    100 gram kecap sama dengan 10 sendok makan. Dengan kebutuhan harian orang non-hipertensi maka konsumsi kecap sebaiknya tidak lebih dari 3 sendok makan. Pada penderita hipertensi maka konsumsi sebaiknya di bawah tiga sendok makan. Angka yang tepat harus memerhatikan kebutuhan natrium masing-masing penderita hipertensi.
  • Tidak lebih dari 1000 mg natrium
    Angka ini umumnya bervariasi sesuai kebutuhan penderita. Umumnya pada hipertensi tingkat berat, maka asupan natrium penderita hipertensi tidak boleh lebih dari 100-150 mg natrium dalam satu hari. Hal ini berarti hanya dengan mengonsumsi 1/5 sendok makan kecap batasan maksimal kebutuhan natrium penderita hipertensi sudah terpenuhi.
  • Perhatikan asupan makanan tinggi natrium lainnya
    Angka diatas hanya memerhatikan asupan natrium dari kecap saja ya. Penderita hipertensi perlu pula membatasi asupan natrium dari makanan lain, misalnya garam atau keju ya.

  • DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi