Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak-anak tentu tidak bisa lepas dari makanan yang satu ini ya. Permen memang menjadi camilan makanan kesukaan anak-anak karena tersedia dalam berbagai bentuk, rasa dan warna yang menarik. Namun meskipun ukurannya kecil, permen tetap harus dibatasi konsumsinya.

Seberapa Banyak Anak Boleh Makan Permen?

Kandungan gula buatan yang tinggi pada permen menjadi alasan mengapa permen harus dibatasi. Karena tidak hanya merusak gigi namun juga akan meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes.

Lalu seberapa banyak sih anak boleh makan permen?

Untuk menghindari hal tersebut, maka kita perlu mengetahui berapa besar kebutuhan gula harian anak.

Berdasarkan pedoman konsumsi gizi anak yang dikeluarkan oleh World Health Association, anak membutuhkan asupan gula harian sebesar 40 gram dalam sehari.

Sedangkan dalam satu buah permen jeli seukuran jari tangan orang dewasa, terdapat kandungan gula sebesar 3,6 gram. Satu buah permen bulat seperti pada umumnya, memiliki kandungan gula sebesar kurang lebih 2 gram.

Jadi jika dibandingkan dengan kebutuhan gula harian anak, maka konsumsi 10-12 porsi permen setiap hari akan mampu memenuhi kebutuhan gula anak.

Namun, perlu digarisbawahi, hal ini akan berlaku hanya jika anak tidak mengonsumsi makanan manis lainnya, seperti gula pasir pada susu, biskuit cokelat manis, cokelat manis batangan, atau camilan manis lainnya. Jika dalam satu hari anak juga mengonsumsi makanan manis selain permen, maka porsi di atas tentu tidak bisa lagi diterapkan ya.

Porsi permen yang sehat untuk anak

Untuk itu kita harus mampu mengatur dan membagi dengan tepat asupan gula anak.
Jika dalam satu hari anak mengonsumsi minuman manis dengan tambahan 1-2 sendok gula pasir, atau satu porsi minuman kemasan, maka kebutuhan gula anak sudah terpenuhi separuhnya atau kurang lebih 20 gram.

Lalu jika dalam hari yang sama anak juga mengonsumsi dua sampai tiga porsi jajanan manis, seperti cokelat manis ukuran kecil atau biskuit cokelat, maka total asupan gula anak kurang lebih menjadi 30 gram.

Jika anak akan mengonsumsi permen maka anjuran yang tepat untuk pola makan seperti di atas adalah 3 porsi permen saja.

Namun, hal ini tentu sangat tergantung dengan kandungan gula yang ada di masing-masing jenis makanan. Jadi perhatikan dengan tepat kandungan gula pada jajanan anak agar asupan gulanya tidak berlebihan, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi