Sebenarnya Guling Itu Penting Tidak Sih Bagi Kualitas Tidur Kita?

doktersehat-REM-tidur
Photo Credit: planetchopstick

DokterSehat.Com– Ada orang yang hanya memerlukan bantal agar bisa segera terlelap di malam hari, namun, ada juga orang yang memerlukan guling yang bisa dipeluk sepanjang malam agar tidur menjadi semakin nyenyak. Sebenarnya, keberadaan guling di kasur kita ini sebenarnya bermanfaat atau tidak bagi kualitas tidur?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa memeluk guling saat tidur ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan seperti sebagai berikut.

Bagus untuk mendukung postur tubuh
Guling ternyata termasuk dalam salah satu alat ortopedi. Dengan menggunakan guling saat tidur, kita pun akan mencegah datangnya keseleo atau rasa nyeri lainnya pada tubuh. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa tidur dengan posisi miring dan memeluk guling akan membuat tulang punggung menjadi lurus sehingga akan memperbaiki postur tubuh.

Lebih aman untuk digunakan jika dibandingkan dengan bantal
Beberapa penelitian menghasilkan fakta menarik tentang penggunaan guling yang disebut-sebut justru lebih aman jika dibandingkan dengan penggunaan bantal, khususnya pada anak-anak atau bayi. Hal ini disebabkan oleh guling yang cenderung lebih kaku sehingga tidak akan menyebabkan cedera pernafasan saat tidur.

Lebih menenangkan
Dengan memeluk guling, maka tubuh dan pikiran akan menjadi lebih rileks sehingga bisa membuat tidur menjadi semakin nyenyak.

Menghilangkan ketegangan
Jika sedang tidak ada bantal, kita bisa menempatkan guling di bawah leher untuk meringankan otot yang tegang akibat dari stress dan tekanan yang terjadi sepanjang hari.

Memang, tidak semua orang memerlukan guling, atau bahkan bantal agar bisa tidur dengan nyenyak. Namun, jika kita memilikinya di kasur, jangan ragu untuk memeluknya agar tidur kita menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.