Sebenarnya, Apa Sih Fungsi Dari Unyeng-Unyeng Pada Rambut Kita?

unyeng-unyeng-doktersehat
Photo Credit: Butterfly Chaser Photography

DokterSehat.Com– Salah satu misteri yang ada pada tubuh kita adalah fungsi dari unyeng-unyeng atau pusaran rambut kita. Kebanyakan orang menganggap unyeng-unyeng ini sebagai penanda bagaimana kita menyisir rambut. Selain itu, ada mitos yang menyebutkan bahwa pemilik unyeng-unyeng dua cenderung lebih nakal. Namun, apakah tidak ada fungsi lain dari unyeng-unyeng ini?

Photo Credit: Butterfly Chaser Photography

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tak hanya pada manusia, hewan juga bisa memiliki unyeng-unyeng. Yang menarik adalah, unyeng-unyeng ini bisa berputar searah dengan jarum jam atau berlawanan dengan arah jarum jam. Selain itu, unyeng-unyeng juga bisa ditemukan dua atau bahkan tiga buah di rambut kepala kita meskipun tentu kasusnya cukup jarang terjadi jika dibandingkan dengan unyeng-unyeng tunggal.

Ilmuwan Dr Amar Klar menyebutkan bahwa ada kaitan genetik antara kecenderungan tangan mana yang aktif dengan putaran arah unyeng-unyeng. Menurut Klar, 8,4 persen orang yang aktif tangan kanannya dan 45 persen orang kidal memiliki unyeng-unyeng dengan putaran berlawanan dengan jarum jam. Hanya saja, pendapat Klar ini masih menjadi perdebatan bagi pakar kesehatan lainnya.

Klar ternyata juga mengungkapkan penemuan menarik tentang unyeng-unyeng ini, yakni kemungkinannya terkait dengan kecenderungan apakah seseorang tertarik dengan sesama jenis atau tidak. Dalam penelitian yang dilakukan di National Cancer Institute yang ada di Frederick, Maryland, Amerika Serikat, dan hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Genetics pada tahun 2004 lalu, Klar mengecek kondisi unyeng-unyeng dari 272 pria yang hampir semuanya adalah pecinta sesama jenis. Ia menemukan bahwa 29,8 persen diantaranya ternyata memiliki unyeng-unyeng dengan putaran berlawanan dengan jarum jam. Hal ini sangatlah kontras jika dibandingkan dengan hanya 8,4 persen pemilik unyeng-unyeng berlawanan dengan jarum jam pada orang-orang dengan orientasi seksual biasa.

Meskipun memang belum jelas fungsinya apa, setidaknya kita mengetahui bahwa ada hal yang bisa kita pelajari dari unyeng-unyeng yang muncul pada rambut kita ini. Jadi, seperti apa unyeng-unyeng pada rambut anda? Apakah jumlahnya lebih dari satu?