Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lemak adalah salah satu musuh dari setiap orang berbadan gemuk. Selain dapat membuat badan menjadi gemuk, lemak juga bisa meningkatkan risiko datangnya penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, hingga serangan jantung. Maka tak heran kalau banyak orang yang berusaha mengusir lemak dengan berbagai cara, misalnya diet, olahraga, dan sebagainya.

Sebelum Tidur, Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini untuk Mengusir Lemak yang Membandel

Namun, baru-baru ini ada sebuah studi yang cukup menghebohkan netizen di jagad maya. Bagaimana tidak, studi tersebut mengatakan bahwa tidur juga termasuk cara yang ampuh dalam membakar lemak. Tentunya hal ini membuat banyak orang menjadi penasaran dan mempertanyakan kebenarannya.

Jadi, dilansir dari laman Prevention, ada cara yang bisa dilakukan sebelum tidur sehingga saat seseorang tertidur, tubuhnya bisa memproses dan mengusir lemak. Cara tersebut adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

  • Gandum

Gandum adalah sekelompok makanan yang terkenal kaya akan karbohidrat kompleks sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Nah, ketika metabolisme baik, maka pembakaran lemak pun akan semakin cepat. Selain itu, saat metabolisme tubuh membaik, maka kadar insulin dapat dikontrol lebih baik. Itulah alasan mengapa mengonsumsi gandum sebelum tidur cukup direkomendasikan.

  • Susu Rendah Lemak

Minum susu sebelum tidur memang sangat baik, apalagi susu yang Anda minum adalah jenis susu rendah lemak. Sebab, kandungan kalsium dan mineral di dalam tubuh bisa meningkatkan kerja metabolisme ketika Anda tengah tertidur pulas. Agar hasilnya maksimal, Anda perlu mengonsumsi sebanyak 1.200 mg kalsium setiap harinya, atau setara dengan 3 gelas susu rendah lemak setiap hari.

  • Sitrus

Buah sitrus memang terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Buah yang satu memiliki serat yang cukup baik layaknya lemon sehingga diyakini bisa mengusir lemak secara optimal. Sitrus juga mampu membuat proses metabolisme tubuh menjadi dua kali lebih cepat. Kemudian, buah yang satu ini memiliki sifat diuretic alami yang mampu membersihkan usus dari sisa-sisa makanan sehingga proses pencernaan Anda akan lancar di pagi hari.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi