Terbit: 18 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Fitnes adalah sebuah kegiatan olahraga yang bertujuan untuk membentuk otot pada tubuh secara rutin dan berkala. Selain membentuk otot, fitnes juga bisa digunakan sebagai latihan kebugaran agar tubuh menjadi lebih sehat dan prima. Namun, sampai saat ini banyak orang yang ikut latihan fitnes untuk mendapatkan bentuk tubuh kekar atau atletis.

Sebelum Fitnes, Kenali Dulu Tipe Tubuh Anda agar Tak Salah Langkah

Photo Credit : pexels.com

Tapi tidak sedikit pula yang merasa gagal dan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal tersebut tentunya dikarenakan beberapa hal, misalnya kurang konsisten atau fitnes dengan cara yang salah. Sebetulnya untuk memulai fitnes, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tubuh Anda tergolong dalam tipe apa dan bagaimana cara memperlakukannya agar latihan mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh William H Seldon, tubuh manusia terbagi menjadi 3 tipe yang dinamakan teori somotipe. Nah, apa saja ketiga tipe tersebut? Berikut diantaranya.

  • Endomorph

Tipe tubuh ini adalah sebuah anugerah sejak lahir. Biasanya orang yang memiliki bentuk tubuh endomorph cenderung gemuk, bulat, serta gempal. Dalam hal ini, Anda sudah terlahir sebagai orang yang bertubuh besar. Dengan begitu, tentunya sangat mudah untuk membentuk otot-otot pada tubuh Anda. Namun, tipe tubuh ini memiliki kendala dalam urusan makan dan berat badan sehingga sering menghambat pembentukan otot.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  • Ectomorph

Berbeda dengan endomorph, tipe tubuh ini terlahir dengan bentuk tubuh yang cenderung kurus, ramping, sedikit lemak, serta tak banyak massa otot yang dimiliki. Jika Anda tergolong tipe endomorph, maka diperlukan latihan ekstra dalam membentuk otot Anda. Pasalnya, Anda harus benar-benar menjaga nutrisi makanan yang Anda konsumsi. Usahakan sering mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat untuk memberikan energi serta memberi menambah berat badan agar massa otot menjadi lebih mudah dibentuk.

  • Mesomorph

Kalau tipe tubuh yang satu ini bisa dikatakan sebagai tipe tubuh yang diidamkan oleh semua orang. Biasanya orang dengan tipe mesomorph terlahir dengan tubuh yagn atletis (tidak gemuk dan tidak kurus). Dengan memiliki tubuh seperti ini, Anda sangat mudah membentuk massa otot Anda. Biasanya orang yang terlahir dengan tipe tubuh ini tidak butuh waktu lama dalam membentuk otot tubuh mereka. Kendati demikian, perlu diperhatikan juga pola makan dan istirahat agar tubuh atletis Anda benar-benar terjaga.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi