Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Fitnes adalah aktivitas atau kegiatan olahraga yang bertujuan untuk membentuk otot-otot pada setiap organ tubuh. Fitnes sendiri merupakan olahraga jangka panjang yang diperlukan konsisten berkala guna mendapatkan bentuk tubuh yang diimpikan. Sampai saat ini, fitnes lebih familiar disebut sebagai olahraga angkat beban, walaupun tidak semua aktivitas fitnes harus mengangkat beban.

Sebelum Fitnes, Kenali Alat-Alatnya Terlebih Dahulu Yuk!

Inti atau tujuan utama dari fitnes adalah untuk menjaga kebugaran tubuh, baik itu dengan latihan beban maupun dengan gerakan-gerakan peregangan. Nah, di tempat kebugaran atau fitness centre, terdapat begitu banyak alat yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebelum bergabung dan memulai latihan, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa saja alat-alat di pusat kebugaran agar bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah beberapa alat fitnes yang tersedia di pusat kebugaran:

  • Dumbbell

Dumbbell adalah alat dasar yang pasti ada di pusat kebugaran. Alat ini terbentuk dari batang besi dan memiliki dua beban yang tersambung pada batang tersebut. Biasanya, dumbble memiliki ukuran dan berat yang berbeda-beda sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan atau tenaga Anda.

  • Barbell

Barbell adalah versi besar dari dumbbell. Biasanya babell dihubungkan dengan besi yang lebih panjang serta beban yang lebih berat dan ukuran yang lebih besar. Pada sisinya, barbell memiliki penyangga khusus yang bisa digunakan untuk mengganti beban, jika dirasa kurang berat ataupun kurang ringan.

  • Weighted Bars

Alat yang satu ini berupa batang besi sedikit panjang yang dilengkapi pemberat pada setiap sisinya. Weighted bars digunakan untuk meningkatkan berat tubuh saat melakukan latihan awal seperti lunge, sit up, dan sebagainya.

  • Tricep Bar

Kalau alat yang satu ini berfungsi sesuai namanya, yakni melatih otot tricep. Kendati demikian, alat ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam latihan angkat beban, tak hanya otot tricep.

  • Push up Grip

Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk membantu Anda ketika ingin melakukan gerakan push up. Dengan alat bantu ini, push up Anda akan menjadi lebih efektif hasilnya sebab, otot dada akan lebih tertekan dengan menggunakan Push up grip.

  • Dip Bar

Dip bar adalah alat penopang ketika Anda melakukan gerakan dip. Alat ini dilengkapi dengan dua batang pararel yang digunakan untuk tumpuan tangan. Sampai saat ini, dip bar sangat efektif digunakan sebagai pelatih otot bahu, tangan, dan dada.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi