Sebelum Dimasak, Daging Ayam Ternyata Sebaiknya Jangan Dicuci

doktersehat-dada-ayam

DokterSehat.Com– Salah satu kebiasaan yang masih dilakukan oleh banyak orang adalah mencuci bahan makanan sebelum dimasak. Dengan melakukannya, maka kita bisa membersihkan berbagai kotoran atau bahan kimia berbahaya pada bahan makanan tersebut. Sayuran dan buah-buahan sebagai contoh, bahan makanan sehat ini sebaiknya dicuci karena berpotensi memiliki kotoran dan kandungan pestisida yang masih menempel. Jika kita tidak membersihkannya, kotoran dan pestisida ini berpotensi bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan. Hanya saja, ada beberapa bahan makanan yang ternyata sebaiknya tidak kita cuci sebelum dimasak, yang tidak disangka adalah, salah satu dari bahan makanan tersebut adalah daging ayam.

Jika kita mencuci daging ayam mentah, dikhawatirkan kita justru akan meningkatkan penyebaran bakteri seperti campylobacter. Sebagai informasi, bakteri ini bisa memicu masalah infeksi saluran cerna layaknya diare atau keracunan. Hal ini disebabkan oleh air yang terciprat tatkala kita mencuci daging ayam mentah ini yang ternyata menyebarkan bakteri ini berbagai dapur lain, termasuk peralatan memasak, peralatan makan, atau pakaian yang kita pakai.

Meskipun jumlah bakteri yang menyebar jumlahnya tidak terlalu banyak, ternyata bakteri campylobacter ini sudah cukup untuk memicu gangguan pencernaan.

Lantas, apakah memang tidak apa-apa jika kita tidak mencuci daging ayam mentah dengan air bersih? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa asalkan daging ayam dimasak dengan benar dan hingga matang, maka bakteri dan kuman pada bahan makanan ini bisa mati atau menghilang mengingat mereka tidak mampu hidup di suhu yang tinggi. Pakar kesehatan sendiri merekomendasikan kita untuk memasak daging ayam dengan suhu minimal 75 derajat Celcius.

Jadi, mulai sekarang tak perlu mencuci daging ayam mentah demi mencegah datangnya gangguan pencernaan.