Mana yang Lebih Baik, Mandi Dulu atau Olahraga Dulu?

Doktersehat-mandi-dulu-atau-olahraga-dulu
Photo Credit: Flickr.com/Mike Baird

DokterSehat.Com – Beberapa orang menyebutkan jika mandi sebelum berolahraga adalah hal yang sangat percuma untuk dilakukan. Selain banyak orang yang melakukan olahraga di pagi buta demi mendapatkan udara segar dan sinar matahari yang belum terik, tubuh yang penuh keringat dan lengket setelah olahraga tentu membuat banyak orang akan mandi lagi setelah berolahraga.

Sebuah pertanyaan pun muncul, mandi dulu atau olahraga dulu?

Pakar kesehatan menyebutkan jika mandi sebelum berolahraga ternyata bisa memberikan kebaikan bagi tubuh sehingga sangat disarankan untuk dilakukan. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan energi yang jauh lebih baik jika mandi air dingin sebelum berolahraga.

Mandi air dingin ternyata bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan cepat, bahkan lebih cepat jika dibandingkan dengan mengonsumsi kopi sebelum berolahraga. Hal ini akan berimbas positif pada kondisi tubuh yang tidak akan cepat lelah saat berolahraga.

baca juga: Seputar Mandi Malam dan Rematik

Dengan mandi sebelum berolahraga, khususnya di pagi buta, Anda akan mendapatkan tubuh yang jauh lebih segar jika dibandingkan dengan tubuh yang bangun tidur karena masih sedikit terasa lesu.

Dengan tubuh yang lebih segar, Anda bisa meningkatkan performa olahraga hingga 7 persen. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh dan energi pada tubuh yang jauh lebih baik setelah mandi.

Pakar olahraga juga mengungkapkan, tinggal di negara tropis yang memiliki cuaca yang cenderung panas dan lembap, olahraga yang dilakukan cukup berisiko menimbulkan heat stroke, kondisi di mana suhu tubuh meningkat tajam yang bisa membuat pingsan.

Dengan menjaga suhu tubuh dalam kondisi yang normal, Anda pun bisa berolahraga dengan nyaman tanpa takut mengalami heat stroke.

Satu hal lagi kebaikan mandi sebelum berolahraga, yakni akan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat sehingga tubuh mampu membakar lemak dengan lebih efektif dan lebih cepat.

Mandi Setelah Olahraga

Pada dasarnya, mandi dapat Anda lakukan kapan saja. Namun, menurut sebuah penelitian mandi dengan air dingin setelah berolahraga akan lebih baik karena hal ini dapat menyebabkan nyeri otot setelah berolahraga berkurang. Selain itu, mandi dengan air dingin setiap pagi diketahui dapat memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menenangkan suasana hati.
  • Mengurangi nyeri setiap hari.
  • Mengurangi penurunan nafsu makan.
  • Meningkatkan kemampuan konsentrasi.
  • Mengatasi hipersomnia atau ngantuk berlebihan.
  • Mengurangi kehilangan energi yang terjadi hampir setiap hari.

Oleh sebab itu, mandi merupakan kegiatan yang baik dilakukan dan sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa mandi dulu atau olahraga dulu akan menimbulkan masalah kesehatan.

baca juga: 4 Manfaat Mandi Susu, Bisa Buat Sendiri di Rumah!

Mandi Setelah Berkeringat

Mandi adalah aktivitas yang bisa menyegarkan tubuh dan membut kotoran/bakteri hilang dari tubuh. Berikut ini beberapa tips untuk mandi setelah berkeringat:

  • Berikan jeda waktu agar tubuh dan otot benar-benar santai sebelum Anda mandi setelah berolahraga.
  • Ketika tubuh Anda masih berkeringat maka tunggulah waktu yang tepat untuk mandi. Biarkan semua keringat keluar dari tubuh hingga suhu tubuh Anda turun atau kembali ke normal.
  • Pilih air dengan suhu yang paling nyaman untuk tubuh, jika Anda memiliki kebiasaan mandi dengan air panas maka kurangi kebiasaan ini karena air panas bisa meningkatkan risiko masalah pembuluh darah.

Bila Anda berendam air hangat dengan menggunakan bathtub, isi air hingga memenuhi sekitar 2/3 bathtub. Kemudian rendam tubuh Anda di dalamnya hingga mencapai leher selama 10-15 menit.

Hindari menggunakan air yang terlalu panas. Suhu maksimal yang disarankan untuk mandi yaitu 40 derajat Celsius. Mandi air panas dengan suhu terlalu tinggi berisiko menimbulkan luka bakar dan kulit kering.