Manfaat Menggunakan Sea Kelp untuk Merawat Kulit

kelp-untuk-kulit-dotersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Sea Kelp atau yang lebih dikenal dengan alga oleh masyarakat Indonesia merupakan salah satu jenis tanaman laut yang memiliki kandungan bahan aktif di dalamnya. Bahkan, olahan dari alga atau rumput laut ini sudah banyak yang diekstraksi atau diolah menjadi bentuk bubuk dan banyak dicampurkan pada produk-produk perawatan kulit.

Hal ini ternyata berhubungan dengan kandungan protein, antioksidan dan beragam mineral yang cukup tinggi di dalamnya. Tidak heran jika sebagian orang justru menggunakan bubuk Sea Kelp sebagai campuran air mandi atau sekedar mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Nah, apa saja sih manfaat dari Sea Kelp alias alga atau rumput laut ini?

1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Sea Kelp atau alga merupakan salah satu bahan alami yang dilengkapi dengan antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran jika bahan satu ini sangat disarankan untuk melindungi kulit Anda dari dampak buruk radikal bebas. Terutama dari paparan sinar matahari yang mampu memicu proses oxidative stress dan membuat kulit berkeriput serta kusam.

2. Mencerahkan Kulit

Dilansir dari laman Beauty Something, Sea Kelp atau alga ini ternyata juga diperkaya dengan kandungan vitamin C. Sebagai tambahan informasi, vitamin C merupakan salah satu bahan aktif yang berperan dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tidak hanya melindungi kulit agar tidak mengalami pigmentasi, vitamin C juga menekan melanin agar tidak bertambah banyak. Sebaliknya, vitamin C justru menjadikan kulit tampak lebih cerah dan lebih segar.

3. Mengontrol Produksi Sebum

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit berminyak juga dapat menggunakan Sea Kelp. Bahan satu ini mengandung cholin yang mampu mengontrol produksi sebum. Tidak heran jika menggunakan Sea Kelp sebagai masker dapat menjadikan kulit tetap kesat dan lembap. Selain itu, menggunakan Sea Kelp juga ampuh dalam meredakan peradangan pada kulit.

Siapa yang akan menyangka jika Sea Kelp yang biasa dikonsumsi ini ternyata memiliki beragam khasiat untuk kulit. Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya bisa langsung menggunakan bubuk Sea Kelp yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Anda juga dapat mengkombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk mendapat hasil yang lebih memuaskan.