Terbit: 16 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kaki seringkali menjadi bagian tubuh yang luput dari perawatan. Padahal untuk mendapatkan tampilan yang cantik dan mempesona, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kaki. Scrub adalah cara yang bisa dilakukan untuk merawat kondisi kulit termasuk kaki. Berikut ini beberapa ide membuat scrub untuk kaki yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Membuat Sendiri Scrub untuk Perawatan Kaki

1. Scrub Vanila dan Gula Merah

Gabungan dua bahan ini merupakan eksfoliator terbaik yang bernutrisi untuk kulit kaki Anda. Campurkan keduanya, lalu gosokkan ke bagian kaki yang kering. Scrub vanilla dan gula merah ini akan ampuh merontokkan sel-sel kulit mati di bagian kaki penyebab kulit kaki kering dan gelap.

2. Scrub Peppermint

Menggunakan lulur atau scrub dari peppermint akan membuat kaki Anda terasa segar. Minyak peppermint dapat juga membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi-sendi di kaki, ketegangan dan sakit otot, sehingga scrub ini cocok diaplikasikan pada kaki Anda, terutama yang sedang lelah.

3. Scrub Ekaliptus

Scrub untuk kaki yang juga bagus untuk kaki lelah adalah ekaliptus. Selain itu, minyak ekaliptus yang digunakan sebagai campuran scrub juga bagus untuk meningkatkan sirkulasi pada daerah kaki. Scrub ini sangat cocok digunakan selepas Anda lelah seharian melaksanakan aktivitas.

4. Scrub Jahe dan Labu

Gabungan dua bahan tersebut, bagus untuk kaki saat cuaca sedang dingin. Aromanya yang hangat memberi ketenangan dan melepaskan ketegangan pada daerah kaki. Sehingga Anda bisa terlepas sejenak dari rasa lelah sebab rutinitas yang padat. Scrub atau lulur ini cocok digunakan selama masa liburan.

Menjaga kesehatan kaki juga merupakan sesuatu yang penting. Kaki yang menopang tubuh, tentu rawan dengan lelah dan tegang, nyeri serta masalah-masalah lain. Melakukan pijatan di daerah kaki menggunakan scrub buatan sendiri, akan membuat Anda merasa lebih baik. Kaki yang kembali segar, akan membuat Anda beraktivitas dengan lancar. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi