Waspada, Screen Time Picu Risiko Diabetes pada Anak

doktersehat-handphone-gadget-anak-kecil-game-pornografi

DokterSehat.Com– Salah satu tantangan orang tua masa kini adalah harus menghadapi anak yang memiliki screen time waktu cukup banyak dibandingkan dengan melakukan aktivitas fisik lainnya. Dengan kecanggihan teknologi masa kini, akivitas dengan gadget memang lebih menarik dibandingkan dengan bermain di taman.

Screen time lebih lama picu risiko diabetes pada anak

Sejumlah peneliti asal London University melakukan penelitian pada lebih dari 4.000 anak berusia 9-10 tahun dan menemukan bahwa anak yang memiliki screen time lebih dari 3 jam per hari memiliki lemak tubuh yang lebih tinggi dan kebal pada insulin.

Resistensi insulin terjadi ketika tubuh berhenti merespons insulin, yaitu hormon yang menggerakkan gula menuju peredaran darah dan sel-sel tubuh. Kondisi ini memicu gula darah tinggi sehingga meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Faktor lain yang menentukan diabetes pada anak antara lain riwayat kegemukan pada keluarga.

Sylvia White, salah satu ahli diabetes di Tennessee mengaku tidak terkejut dengan hasil penelitian tersebut. “Setelah anak duduk lama di sekolah, di rumah kegiatan mereka hanya duduk dan menonton televisi, bermain video game, dan bermain macam-macam permainan di ponsel atau alat elektonik lainnya. Anak-anak juga makan sambil menonton televisi sehingga tidak memerhatikan apa yang dimakan, istilah ini dikenal dengan nama ‘mindless eating‘,” imbuh White seperti dikutip Parents.

Cegah diabetes pada anak mulai dari rumah

Dengan fenomena tersebut, White menyarankan orang tua lebih berperan aktif untuk mencegah angka dabetes pada anak semakin bertambah. Beberapa cara yang ia rekomendasikan antara lain menyediakan makanan rumah dan mengurangi junk food, mengurangi soda dan mengajak setiap keluarga untuk memiliki kegiatan aktif bersama keluarga. Hal ini tentunya dapat mengurangi screen time pada anak.

Bagaimana dengan di rumah Anda, Bunda? Pastikan anak cukup melakukan kegiatan fisik dan mengurangi bermain gawai ya!