Jangan Dimasak, 4 Sayuran Ini Makin Sehat Jika Dimakan Mentah

doktersehat-manfaat-brokoli-untuk-rambut
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Saat akan mengonsumsi sayuran, tentu sudah menjadi hal yang umum jika Anda akan mengolah atau memasaknya terlebih dahulu, ya.

Umumnya, sayuran diolah dengan cara dipanaskan, misalnya direbus, kukus, atau tumis. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada cukup banyak sayuran yang sering kita konsumsi, namun malah lebih sehat jika dimakan dalam keadaan mentah?
doktersehat-sayuran-hijau

Ya, sayuran sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin ini, ternyata beberapa jenisnya justru lebih sehat saat dikonsumsi mentah, lho. Mengapa demikian?

Alasan sayuran menjadi lebih sehat jika dipanaskan

Sebagian besar sayuran dimasak, tentu melewati proses pemanasan ya. Hal inilah yang ternyata dapat memberikan efek yang tergolong cukup merugikan bagi beberapa jenis sayuran.

Hal ini disebabkan, kandungan gizi, vitamin, dan mineral yang ada pada beberapa jenis sayur sangat mudah hilang baik karena proses pemanasan melalui perantara air, minyak maupun udara saat sayuran dimasak.

Photo Credit: Leo Hidalgo

Selain itu, beberapa jenis vitamin, utamanya vitamin larut air, misalnya vitamin C dan B, pada sayuran cenderung mudah larut pada air. Kondisi ini tentu sangat memengaruhi kualitas kandungan gizi yang ada pada sayuran, bukan?

Jenis sayuran yang lebih sehat jika dikonsumsi mentah

Untuk itu, akan sangat baik jika kita dapat mengetahui sayuran apa saja yang baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, yaitu:

1. Paprika

Paprika adalah salah satu sayur yang masih satu keluarga dengan cabai. Hal ini membuat paprika juga cocok dikonsumsi dalam keadaan mentah.

paprika-untuk-merawat-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Tidak hanya segar, namun juga karena kandungan gizi yang ada paprika, utamanya vitamin C, terbukti mudah hilang dan rusak saat adanya pemanasan lebih dari 100 derajat celsius.

Bahkan, tidak hanya kandungan vitamin C yang hilang, namun juga kandungan vitamin E dan B6 terbukti berkurang kadarnya setelah diolah dengan pemanasan yang tinggi.

2. Kubis

Kubis cukup umum dikonsumsi dalam kondisi mentah, utamanya pada banyak sajian lalapan.

Hal ini memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena kandungan gizi yang ada pada kubis justru lebih terjaga saat dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Photo Credit: flickr.com/Rob Bertholf

Kandungan gizi utama yang ada pada kubis mentah adalah kandungan antioksidannya, yang menjadi lebih tinggi.

Kondisi ini dibuktikan dengan rendahnya risiko terjadinya kanker payudara pada wanita yang rutin mengonsumsi 4 porsi kubis mentah dalam seminggu.

3. Brokoli

Pernahkah Anda mengonsumsi brokoli mentah? Jika belum, maka cobalah untuk mulai menyajikan brokoli mentah, karena kandungan gizi, yaitu vitamin C, kalsium dan mineral lain, yang ada pada brokoli mentah terbukti lebih tinggi dari jenis sayur yang umum dikonsumsi lainnya.

Doktersehat - Brokoli
Photo Credit: Flickr.com/slimpapax3

Tidak hanya itu, brokoli memiliki kandungan zat jenis sulforaphane yang baik untuk kesehatan sel tubuh dan jantung.

Akan tetapi, kandungan vitamin C, mineral dan zat sulforphane yang ada pada brokoli sangat mudah rusak jika terkena panas. Asupan zat gizi utama yang ada pada brokoli justru terbukti lebih mudah diserap tubuh dalam kondisi mentah.

4. Bit

Bagaimana cara Anda mengonsumsi sayur bit biasanya? Jika masih sering memasaknya, maka akan lebih baik jika Anda mulai mengonsumsinya dalam kondisi mentah saja.
doktersehat-bit

Bit merupakan salah satu jenis sayur yang kandungan mineralnya paling padat, yaitu terdiri dari potasium, magensium, zat besi, hingga asam folat.

Sayangnya, proses pemanasan saat memasak terbuti mengurangi kadar asam folat hingga 25%. Jadi, kini usahakan untuk mengonsumsi buah bit dalam kondisi mentah saja, ya.