8 Sayuran Penurun Kolesterol (Alami dan Efektif)

sayuran-penurun-kolesterol-doktersehat

DokterSehat.Com – Kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi? Baiknya waspada karena ini artinya Anda sangat rentan terhadap penyakit mematikan seperti stroke dan jantung koroner. Sebelum keadaan makin memburuk, lakukan langkah pencegahan dengan cara mengonsumsi sejumlah jenis sayuran. Lantas, apa saja jenis sayuran penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi?

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah lemak esensial yang sejatinya dibutuhkan oleh tubuh agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kolesterol dibagi ke dalam 2 (dua) jenis, yakni Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol ‘jahat’, dan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol ‘baik’.

Kadar LDL yang tidak seimbang, dalam hal ini lebih banyak LDL daripada HDL, akan menimbulkan komplikasi serius, yakni terhambatnya aliran darah karena LDL tersebut mengendap di pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal sebagai aterosklerosis. Jika tak segera ditangani, aterosklerosis bisa mengakibatkan aliran darah berhenti total, termasuk di area jantung dan otak.

Sayuran Penurun Kolesterol: Cara Sehat Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat (LDL) jangan sampai menumpuk di dalam darah. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebaliknya, Anda wajib meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’ (HDL) dengan cara banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat berigizi, seperti vitamin dan antioksidan. Sayuran adalah sumber vitamin dan antioksidan terbaik yang bisa kita dapatkan.

Berikut ini beberapa contoh sayuran penurun kolsesterol yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

1. Brokoli

Sayuran penurun kolesterol yang pertama adalah brokoli. Sayuran hijau yang biasa dijadikan komposisi sayur sop ini efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi yang Anda alami.

Manfaat brokoli untuk menurunkan kolesterol dikarenakan sayuran tersebut kaya akan kandungan zat antioksidan yang berfungsi untuk detoksifikasi alami. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki brokoli juga punya peran penting dalam menurunkan kolesterol jahat.

Perlu diingat, khasiat brokoli untuk menurunkan kolesterol akan sia-sia jika Anda mengolahnya dengan cara ditumis menggunakan minyak goreng. Jadi, lebih baik mengonsumsi brokoli dalam bentuk sayur berkuah.

2. Bayam

Selain brokoli, bayam adalah jenis sayuran penurun kolesterol lainnya yang harus Anda konsumsi jika tak ingin kolesterol terus meningkat dan menyebabkan penyakit yang bisa mengancam jiwa.

Bayam adalah sayuran yang diperkaya dengan zat lutein. Lutein adalah semacam pigmen yang telah terbukti secara medis mampu mengatasi degenerasi makula sebagai penyebab komplikasi kebutaan.

Selain mengatasi masalah kebutaan, ternyata lutein yang juga terkandung di dalam kuning telur ini memiliki peran vital dalam membantu dinding pembuluh darah ‘mengusir’ kolesterol jahat (LDL) sehingga tidak mengakibatkan aterosklerosis.

Bagi Anda yang ingin mencegah peningkatan kolesterol, atau yang sudah terkena kolesterol tinggi dan ingin menurunkannya, maka memasukkan sayur bayam ke dalam daftar menu sehat sehari-hari adalah suatu keharusan.

3. Wortel

Dikenal sebagai jenis sayuran yang bisa menjaga dan meningkatkan fungsi mata, wortel juga termasuk sayuran penurun kolesterol. Manfaat wortel untuk menurunkan kolesterol ini karena sayur berwarna oranye tersebut diperkaya dengan zat beta-carotene.

Beta-carotene, selain memberikan warna oranye pada wortel, juga memiliki sifat antioksidan yang aktif menangkal radikal bebas, pun menjaga kadar kolesterol.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwasanya konsumsi wortel mentah di pagi hari mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 11 persen. Adanya serat larut pada wortel berfungsi untuk mengikat kolesterol di dalam empedu, kemudian dibuang lewat saluran pencernaan.

Selain dijadikan sayur sop, Anda bisa mengolah wortel menjadi jus wortel. Konsumsi wortel secara rutin agar tubuh bebas dari kolesterol tinggi.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol yang Cepat dan Enak

4. Buncis

Buncis adalah sayuran yang mengandung banyak sekali vitamin dan zat bernutrisi lainnya, seperti karbohidrat dan asam lemak tak jenuh. Dengan adanya zat-zat tersebut, buncis efektif dalam menjaga kadar kolesterol tetap seimbang, pun menurunkan kolesterol yang sudah terlanjur tinggi.

Selain itu, sayuran penurun kolesterol ini juga memiliki sejumlah manfaat penting lainnya bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan kadar gula darah.

Buncis bisa Anda konsumsi dalam bentuk sayur berkuah, maupun diolah menjadi jus buncis yang sehat nan menyegarkan.

5. Seledri

Seledri adalah salah satu sayuran penurun kolesterol. Jika selama ini Anda rutin mengonsumsi daun seledri, baik sebagai campuran sayur, kuah bakso, soto, atau jus seledri, jangan heran jika nanti saat memeriksakan diri ke dokter, kadar kolesterol di dalam darah Anda berada dalam kondisi stabil.

Seledri tak hanya berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Kandungan zat seperti vitamin A, B2, C, hingga natrium organik membuat seledri baik untuk mengurangi tekanan darah, pun meminimalisir risiko penyakit kanker.

6. Kubis

Serat adalah agen penurun kolesterol terbaik. Kubis dan jenis sayuran cruciferous lainnya adalah sumber serat ideal yang bisa Anda konsumsi guna menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini karena serat memiliki fungsi mengikat kolesterol, untuk kemudian dibuang melalui saluran pencernaan.

Kendati baik untuk menurunkan kolesterol, Anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan disarankan untuk tidak mengonsumsi kubis dalam jumlah banyak.

7. Kacang Polong

Kacang polong maupun jenis kacang lainnya adalah sayuran penurun kolesterol yang tak boleh luput dari menu sehat Anda. Sama seperti kubis, kacang polong juga diperkaya dengan serat tak larut yang berperan aktif untuk mengikat kolesterol jahat di dalam darah.

Selain itu, serat pada kacang polong juga efektif untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

8. Labu Siam

Sayuran penurun kolesterol terakhir yang layak untuk Anda konsumsi adalah labu siam. Biasa dijadikan bahan komposisi sayur asem dan sayur lodeh, labu siam diperkaya oleh zat alkaloid, saponin, dan tannin yang berperan penting dalam mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Itu dia daftar sayuran penurun kolesterol yang perlu Anda ketahui dan konsumsi secara rutin.

Tak hanya itu, gaya hidup sehat juga perlu diterapkan jika Anda tidak ingin mengalami kolesterol tinggi. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter terkait guna mengetahui pola diet yang tepat demi menghindari diri dari serangan kolesterol jahat. Semoga bermanfaat, ya!