8 Sayuran Murah Terbaik Bagi Kesehatan Tubuh

resep-brokoli-yang-enak-doktersehat

DokterSehat.Com– Sehat itu mahal harganya, namun bukan berarti kita harus menghabiskan banyak uang demi menjaga kesehatan. Kita bisa menerapkan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi berbagai macam sayuran dengan harga murah yang bisa ditemui sehari-hari. Apa sajakah sayuran tersebut?

Sayuran berharga murah yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Pakar kesehatan menyebut sayuran sebagai salah satu bahan makanan yang tinggi nutrisi seperti vitamin, mineral, dan berbagai macam antioksidan. Rutin mengonsumsinya bisa membantu kita mencegah datangnya berbagai macam penyakit layaknya diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Berikut adalah beberapa sayuran berharga murah yang sebaiknya sering kita konsumsi.

  1. Bayam

Sayuran yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau pekarangan ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi menyehatkan seperti asam folat, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, bayam juga tinggi kandungan kuersetin dan beta karoten, sejenis antioksidan yang bisa membantu tubuh mencegah infeksi, peradangan, dan penuaan dini. Rutin makan bayam juga telah terbukti mampu mencegah diabetes dan kanker dengan efektif.

  1. Kubis

Kubis termasuk dalam sayuran yang tinggi kandungan asam folat, kalium, magnesium, fitonutrien, dan berbagai macam vitamin. Rutin mengonsumsi kubis akan membantu tubuh melawan paparan buruk radikal bebas dan berbagai macam inflamasi. Kandungan sulforafan di dalamnya mampu mencegah kanker. Selain itu, mata dan tulang juga akan menjadi semakin sehat.

  1. Brokoli

Sayuran dengan bentuk yang unik ini tinggi kandungan vitamin C. Kadar gula dan indeks glikemik dari brokoli juga sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk mereka yang menderita diabetes. Di dalam brokoli juga tinggi kandungan vitamin K yang bisa mencegah datangnya penyakit kardiovaskular.

  1. Wortel

Jika kita mengonsumsi 100 gram wortel saja dalam sehari, maka kita sudah mendapatkan asupan vitamin A lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kita akan mendapatkan kandungan menyehatkan lainnya layaknya vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, serta, dan beta karoten. Rutin makan wortel tak hanya akan menyehatkan mata, melainkan juga akan membuat berbagai macam organ, sel, dan jaringan tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Seledri

Seledri seringkali dijadikan pelengkap makanan utama. Di dalam sayuran ini terdapat kandungan antioksidan dan polisakarida yang cukup tinggi. Kedua kandungan ini mampu membantu tubuh mencegah peradangan dan melawan paparan buruk radikal bebas. Kandungan seratnya juga sangat tinggi sehingga akan membuat saluran pencernaan dan organ kardiovaskular menjadi lebih sehat.

  1. Selada

Di dalam daun selada terdapat kandungan mineral, kalsium, vitamin K, asam folat, serta beta karoten. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memilih daun selada yang warnanya sudah lebih gelap karena kadar gizinya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan selada dengan warna hijau yang cenderung lebih muda.

  1. Jamur

Jamur yang sering dianggap sebagai pengganti daging ini memang sangat nikmat untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain enak, jamur juga tinggi kandungan serat, kalium, serta beberapa jenis vitamin yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kekuatan tulang. Jamur juga baik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

  1. Daun kelor

Daun kelor ternyata tinggi berbagai kandungan menyehatkan layaknya vitamin, kalium dan kalsium. Rutin mengonsumsinya akan mendukung kesehatan mata, tulang, hati, dan pembuluh darah. Penderita diabetes bahkan sangat disarankan untuk rutin mengonsumsinya.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengolah sayur ini dengan cara yang tepat, bukannya dicampurkan dengan tepung, dijadikan gorengan, atau dijadikan sayuran bersantan yang dikhawatirkan bisa menurunkan manfaat sehatnya.