Terbit: 10 April 2020 | Diperbarui: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan sangat penting untuk dilakukan. Salah satu jenis makanan yang paling baik dikonsumsi selama kehamilan adalah sayuran. Apa saja sayur yang bagus untuk ibu hamil? Simak daftarnya berikut ini!

11 Sayur yang Bagus untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi dan Sehat!

Sayur yang Bagus untuk Ibu Hamil

Nutrisi selama kehamilan bukan hanya diperuntukkan bagi ibu, tapi juga untuk janin yang ada dalam kandungan. Ibu hamil sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran, karena sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan selama kehamilan.

Berikut adalah 11 sayur yang bagus untuk ibu hamil dan wajib untuk dikonsumsi!

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran pertama dalam daftar sayur yang bagus untuk ibu hamil.

Brokoli mengandung vitamin dan mineral meliputi vitamin C, vitamin A, folat, kalium, kalsium, dan zat besi. Brokoli juga mengandung antioksidan dan juga serat yang tinggi. Selain dapat memberikan nutrisi, brokoli juga dapat membantu mencegah sembelit selama kehamilan.

Sembelit adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi wanita selama kehamilan.

2. Bayam

Jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil muda hingga trimester akhir adalah bayam.

Bayam sering disebut-sebut sebagai salah satu sumber folat terbaik. Hal ini tentunya membuat bayam sangat direkomendasikan, karena folat adalah vitamin yang sangat dibutuhkan selama kehamilan.

Sama seperti brokoli dan juga sayuran daun hijau lainnya, bayam juga kaya akan nutrisi, antioksidan dan juga serat. Konsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang akan menunjang pertumbuhan janin.

3. Ubi

Sayur selanjutnya yang baik untuk ibu hamil adalah ubi.

Ubi kaya akan beta-karoten, fitoprotein yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A berperan penting dalam pertumbuhan dan diferensiasi sel. Hal ini yang membuat vitamin A dibutuhkan selama kehamilan.

Kebutuhan vitamin A pada ibu hamil meningkat sekitar 10-40% dan jenis vitamin A dari sayuran lebih disarankan dibandingkan yang bersumber dari hewani.

Ubi juga mengandung serat yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan.

4. Tomat

Tomat adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tomat sendiri banyak mengandung folat. Folat sangat baik dikonsumsi selama kehamilan. Tomat kaya akan antioksidan dan mengandung berbagai vitamin dan mineral.

5. Daun Bawang

Daun bawang sering kali dijadikan sebagai pelengkap masakan.

Meskipun hanya pelengkap, tapi ternyata sayuran satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Daun bawang mengandung kalsium, zat besi, vitamin K, vitamin B6, dan beberapa mineral lainnya.

Sayuran ini juga mengandung folat yang dapat membantu memenuhi sekitar 10% kebutuhan asam folat.

Baca Juga: 15 Pilihan Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil Terbaik

6. Labu

Sayuran kaya nutrisi selanjutnya yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah labu.

Anda bisa mencoba berbagai jenis labu, salah satu yang baik dikonsumsi adalah labu kuning. Labu ini mengandung vitamin C, zat besi, dan serat yang baik untuk tubuh. Biji labu juga dapat dikonsumsi dan memiliki kandungan omega-3, asam lemak yang sangat dibutuhkan selama kehamilan.

7. Kale

Kale adalah sayuran hijau lain yang baik dikonsumsi selama kehamilan.

Kale memiliki kandungan vitamin A dan C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin K dalam kale juga dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap kuat. Hal ini penting untuk kehamilan karena wanita hamil memiliki aliran darah tambahan di rahimnya.

8. Bit

Bit, terutama bit merah adalah sayur yang kaya akan zat besi.

Sayuran ini dipercaya sebagai salah satu yang baik untuk menambah darah dan mencegah anemia. Anemia adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada ibu hamil dan kondisi ini dapat dicegah dengan konsumsi makanan yang benar.

Bit juga memiliki kandungan nitrat yang dipercaya dapat melancarkan aliran darah dan mencegah tekanan darah ini. Hal ini tentunya juga sangat dibutuhkan selama kehamilan karena masalah darah tinggi selama kehamilan berpotensi menjadi masalah serius.

9. Paprika

Paprika juga masuk ke dalam daftar sayuran yang bagus untuk ibu hamil muda hingga trimester terakhir.

Paprika memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin satu ini selain dapat membantu menjaga sistem imun, juga dapat membantu penyerapan zat besi. Penyerapan zat besi yang maksimal sangat penting untuk mencegah anemia selama kehamilan. Paprika juga memiliki beta-karoten.

10. Wortel

Wortel adalah sayuran yang tinggi beta-karoten selain ubi dan paprika.

Wortel juga memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C. Selain kaya akan nutrisi, wortel juga merupakan sayuran yang sangat mudah diolah. Sayuran ini cocok untuk dijadikan sayuran pelengkap untuk berbagai menu makan Anda setiap hari.

11. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan atau legume juga sangat kaya nutrisi dan baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Jenis legume termasuk kacang polong, buncis, kedelai, dan juga kacang tanah. Kacang-kacangan ini merupakan sumber protein, serat, zat besi, kalsium, kalium, magnesium dan tentunya juga folat. Semua nutrisi ini tentunya dibutuhkan selama kehamilan.

Itu dia daftar sayur yang bagus untuk ibu hamil. Selain konsumsi sayuran, tentunya masih banyak sumber nutrisi lain yang juga direkomendasikan selama kehamilan seperti produk susu, buah-buahan, makanan kaya omega-3, dan banyak nutrisi lainnya.

Hindari konsumsi sayuran mentah dan makanan mentah lainnya karena makanan mentah berpotensi mengandung bakteri yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter kandungan secara rutin untuk memastikan nutrisi Anda selama kehamilan telah tercukupi. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2018. 11 Best Foods to Eat While Pregnant. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/eating-well/week-11/big-nutrition-small-packages.aspx. (Diakses 10 Januari 2020).
  2. Bjarnadottir, Adda. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant. (Diakses 10 Januari 2020).
  3. Kuzemchak, Sally. 27 Pregnancy Power Foods. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/15-pregnancy-power-foods1/?slide=slide_6084e6be-1616-4b09-a2e7-ab4896c6f1f1#slide_6084e6be-1616-4b09-a2e7-ab4896c6f1f1. (Diakses 10 Januari 2020).
  4. Liao, Sharon. Why Kale Is So Good For You During Pregnancy. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/why-kale-is-so-good-for-you-during-pregnancy/. (Diakses 10 Januari 2020).
  5. Mirchandani, Anita. 5 Fall Vegetables For a Healthy Pregnancy. https://www.mother.ly/lifestyle/fall-vegetables-pregnancy. (Diakses 10 Januari 2020).
  6. Nair, Anisha. 2019. 8 Best Vegetables to Eat During Pregnancy. https://parenting.firstcry.com/articles/best-vegetables-to-eat-during-pregnancy/. (Diakses 10 Januari 2020).
  7. Ware, Megan. 2017. Everything you need to know about tomatoes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031.php. (Diakses 10 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi