Terbit: 1 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar jika sedang mengalami sembelit maka kita harus semakin banyak makan buah atau sayur?

Tak Cuma Buah, 4 Sayur Ini Juga Ampuh Atasi Sembelit

Ya, saat mengalami sembelit atau konstipasi, asupan serat utamanya dari buah dan sayur, merupakan zat gizi yang paling ampuh untuk mengatasinya.

Sayur menjadi salah satu bahan makanan yang mudah diperoleh dan memiliki dan bisa membantu mengatasi sembelit, akan tetapi, tidak semua jenis sayur bisa dijadikan senjata yang jitu untuk mengurangi risiko sembelit, lho.

Penasaran jenis sayur apa saja yang baik kita konsumsi saat mengalami sembelit? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan pada sayur yang bisa mengatasi sembelit

doktersehat-sayuran-hijauSembelit, yaitu frekuensi buang air besar menjadi sangat jarang atau sulit melakukan buang air besar, merupakan kondisi yang disebabkan karena asupan zat gizi yang dibutuhkan pencernaan, utamanya usus besar kurang terpenuhi

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Beberapa zat gizi yang mampu membantu mengatasi sembelit adalah:

  • Serat
    Serat memiliki fungsi untuk mendukung fungsi pencernaan dan pergerakan usus dengan maksimal. Serat juga akan meningkatkan pembuangan zat sisa makanan dan melunakkan feses sehingga buang air besar menjadi lebih mudah dan teratur. Serat dalam jumlah yang cukup, yaitu 25-30 gram dalam sehari, merupakan zat gizi utama yang paling penting untuk mencegah dan mengatasi sembelit.
  • Cairan
    Cairan, utamanya cairan alami yang ada pada bahan makanan, menjadi zat gizi pendukung yang membuat fungsi serat dalam pencernaan semakin maksimal. Cairan yang cukup juga akan membuat pencernaan lebih lancar karena mampu mendukung pembuangan zat sisa makanan lebih mudah.

Kedua zat gizi tersebut bisa ditemukan pada sayuran, karena sebagian besar sayuran memiliki kandungan utama yaitu serat dan cairan.

Sayuran lebih rendah gula dibandingkan buah, sehingga manfaat dari konsumsi sayur untuk sembelit akan semakin maksimal.

Lantas, apa saja jenis sayuran yang mampu mengatasi sembelit?

Dilansir dari Livestrong, berikut 4 jenis sayuran yang ampuh mengatasi sembelit:

1. Brokoli

doktersehat_brokoli

Photo Source: Flickr/ Steven Lilley

Dalam 1 cup brokoli, setara dengan 70-90 gram brokoli rebus, terdapat 5,1 gram serat. Angka ini tentu cukup tinggi dan telah memenuhi 1/5 kebutuhan serat harian orang dewasa.

Kandungan serat pada brokoli 2 kali lebih tinggi jika diolah dengan metode pemasakan bukan dikonsumsi mentah. Untuk itu, sajikan brokoli rebus, kukus, atau panggang untuk mengatasi sembelit.

2. Kubis

Kubis adalah sayuran dengan kandungan cairan dan serat yang baik, sehingga merupakan jenis sayur yang jitu mengatasi sembelit.

Dalam 1 porsi kubis, setara dengan 5-6 sendok besar kubis yang direbus, terdapat 3,9 gram serat. Anda bisa memilih jenis kubis merah untuk tambahan 0,3 gram serat dalam porsi yang sama.

3. Bayam atau sayur berdaun hijau gelap lainnya

Daun-kale-doktersehat-1024Selain dua jenis sayuran di atas, sayuran berdaun hijau gelap, misalnya bayam, kale, atau kangkung, bisa jadi pilihan sayuran yang tinggi serat dan cairan alami, untuk mengatasi sembelit.

Pastikan Anda mengonsumsinya dalam porsi yang cukup, yaitu 1-2 porsi dalam satu kali saji, yang setara dengan 6-12 sendok besar sayur hijau berdaun yang direbus.

4. Kacang-kacangan yang ditambahkan pada berbagai sayuran

Mengombinasikan sayuran dengan kacang-kacangan bisa jadi pilihan yang super sehat untuk mengatasi sembelit.

Anda bisa menambahkan kacang-kacangan, baik dalam bentuk segar maupun kering, misalnya kacang edamame, kacang merah, kacang tanah, atau almond, pada berbagai sajian sayuran, misalnya salad sayur, tumis sayur, atau jus sayur.

Kacang-kacangan juga merupakan bahan makanan kaya serat yang akan meningkatkan asupan serat dalam tubuh, sehingga sembelit bisa segera teratasi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi