Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering membuat jus sayur? Jika ya, maka jenis sayur apa yang paling sering Anda jadikan jus? Berbagai jenis sayur memang harus dipilih dengan tepat saat akan dibuat jus, ya.

Paling Sehat, Ini 4 Pilihan Sayur Terbaik untuk Dibuat Jus

Bukan hanya karena mencocokan cita rasa, namun kita tentu juga harus mempertimbangkan kandungan gizi yang ada pada kombinasi buah atau sayur yang ada pada jus tersebut.

Lantas, jika ingin membuat atau mengombinasikan jus sayur, jenis sayur apa saja sih yang paling sehat?

Ada beberapa jenis sayur yang memiliki kandungan gizi padat dan cukup tepat dibuat atau dikombinasikan sebagai jus.

Jenis sayur yang cocok untuk dibuat sebagai jus adalah sayur yang memiliki cita rasa khas sendiri, misalnya rasa manis atau sedikit asam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

doktersehat-sayuran-hijau

Sedangkan jenis sayur yang tepat digunakan sebagai kombinasi jus adalah sayur yang cita rasanya cenderung netral atau tanpa rasa.

Sayur yang dapat dikombinasikan ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan asupan serat dalam tubuh lebih mudah karena rasanya kerap tak disadari saat dibuat jus, namun manfaatnya tetap bisa dirasakan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak, apa saja sih pilihan sayur terbaik untuk dibuat jus, di bawah ini!

1. Bayam

Bayam sangat cocok dipilih menjadi jenis sayur yang dikombinasikan dengan banyak bahan makanan lainnya.

Rasa bayam yang tidak kuat, namun padat gizi membuat bayam menduduki peringkat pertama sebagai sayuran yang paling sehat untuk dibuat jus sayur.

doktersehat-bayam-sayur

Seperti yang kita tahu, bayam merupakan jenis sayur yang memiliki banyak kandungan gizi, mulai dari vitamin B, zat besi, asam folat, zink dan berbagai jenis mineral lainnya.

Bayam sebenarnya bisa Anda jadikan jus tunggal tanpa perlu mengombinasikan dengan bahan makanan lain, akan tetapi agar rasanya tetap nikmat Anda bisa menambahkan perasan jeruk atau madu, ya.

Daun-kale-doktersehat-1024

Beberapa jenis sayuran yang mirip atau sejenis dengan bayam, misalnya kale juga bisa jadi alternatif jenis sayur yang super sehat, lho.

2. Brokoli

Pernah mencoba brokoli untuk jus sayur Anda? Jika belum, maka pertimbangkan memilihnya sebagai salah satu bahan makanan untuk kombinasi jus buah dan sayur Anda.

Mirip dengan bayam, brokoli merupakan sayuran yang kandungan gizi dan fitonutriennya padat.

Brokoli memiliki kandungan vitamin A, C, zat besi, dan zink yang baik sehingga sangat tepat dipilih sebagai sayuran untuk jus sayur.

doktersehat-manfaat-brokoli-untuk-rambut

Photo Credit: Pexels.com

Usahakan untuk mengombinasikan brokoli dengan beberapa jenis bumbu atau rempah alami yang kaya rasa misalnya madu, kayu manis atau perasan jeruk untuk meningkatkan cita rasa dan juga menyamarkan rasa dan bau brokoli yang biasanya kurang disukai banyak orang.

3. Wortel

Sayuran yang satu ini tentu sudah cukup populer digunakan sebagai sayur yang digunakan sebagai jus, ya.

Ternyata kepopulerannya memang tepat karena wortel dengan warna oranye ini memiliki kandungan gizi yang padat akan vitamin A dan C.

wortel-untuk-rambut-doktersehat-1

Photo Credit: Pexels.com

Rasanya yang manis juga membuat wortel menjadi salah satu jenis sayur yang tepat dijadikan jus tunggal yang super nikmat dan sehat, bukan?

4. Daun seledri

Jika Anda masih menggunakan daun seledri hanya untuk tambahan masakan sayur sop saja, maka kini Anda harus memanfaatkan seledri lebih maksimal dengan mengolahnya sebagai jus.

daun-seledri-doktersehat

Photo Credit: Flickr.com/Rima Nurmala

Meskipun kecil, daun seledri memiliki kandungan zat besi dan magnesium yang tinggi, menambahkan daun seledri juga akan memberikan rasa segar yang khas sehingga jus jadi lebih kaya rasa, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi