Mudah Diperoleh, Ini 5 Sayur Berwarna Merah yang Super Sehat

sayuran-berwarna-merah-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda pernah memerhatikan apa warna sayuran yang paling sering Anda konsumsi? Biasanya, saat emdengar kata sayur kita tentu mengidentikannya dengan warna hijau, ya. Akan tetapi, ternyata ada cukup banyak jenis sayur berwarna merah yang cukup mudah kita peroleh di sekitar kita, lho.

Ya, sayur berwarna merah, selain ada cukup banyak jenisnya, juga memiliki kandungan zat dan gizi yang super bermanfaat. Penasaran apa saja manfaat dan jenis sayuran berwarna merah yang super sehat? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan zat dan gizi pada sayur berwarna merah

Seperti yang kita ketahui, buah dan sayur memiliki berbagai bermacam-macam warna. Masing-masiang warna yang ada pada buah dan sayur tersebut, ternyata menunjukkan kandungan zat dan gizi yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan pigmen pemberi warna pada buah dan sayur, juga memiliki jenis dan tingkatan kandungan antioksidan yang berbeda-beda.

Pada sayur yang berwarna merah, beberapa kandungan zat dan gizi yang unggul antara lain:

  • Kandungan vitamin

Vitamin yang unggul dari sayuran berwarna merah adalah vitamin A dan C, yang baik untuk kesehatan penglihatan, imunitas dan kulit.

  • Kandungan antioksidan

Beberapa jenis antioksidan yang unggul adalah beta-karoten, yang meningkatkan penyerapan vitamin A. Selain itu, kandungan antioksidan jenis flavonoid, likopen,  juga banyak ditemukan pada sayur berwarna merah atau ungu gelap.

Jenis sayuran berwarna merah yang super sehat untuk tubuh

Berikut 5 jenis sayur berwarna merah yang menyehatkan:

  1. Tomat

Tomat tentu merupakan sayur yang sering kita konsumsi sehar-hari, ya. Selain mudah diperoleh, tomat kaya akan vitamin A, C, cairan, serta merupakan sumber likopen yang baik untuk tubuh. Tomat memiliki rasa yang manis dan bisa memberi rasa gurih pada masakan. Penambahan tomat bisa memberi rasa nikmat dan menambah cita rasa makan pada masakan untuk menekan penggunaan pengawet. Tomat juga memiliki fungsi yang diunggulkan untuk mendukung kesehatan reproduksi pria.

Tips: Anda bisa mengonsumsi tomat dalam bentuk segar, namun cara paling optimal agar tubuh bisa menyerap zat gizi tomat dengan maksimal adalah dengan memasaknya.

  1. Cabai

Apakah Anda penggemar cabai? Sayuran yang satu ini tentu tidak asing lagi, ya. Cabai berwarna merah memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu, cabai merah memiliki kandungan zat capsaicin yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari melancarkan pencernaan, sebagai antioksidan hingga menurunkan berat badan.

Tips: Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari cabai, konsumsi cabai secukupnya. Paling banyak konsumsi 5-10 gram cabai merah atau 1-2 sendok makan sambal cabai merah.

  1. Paprika

Paprika merah memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi. Mengonsumsi satu porsi paprika merah, membuat kebutuhan vitamin C harian Anda terpenuhi. Anda juga akan mendapatkan asupan vitamin B kompleks serta vitamin E yang cukup tinggi. Paprika bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun di masak.

  1. Kubis merah

Kubis merah atau ungu gelap, bisa jadi pilihan sayur berwarna merah yang super sehat. Kandungan zat yang unggul pada kubis merah adalah antioksidan jenis antosianin, yang merupakan jenis antioksidan kuat dan efektif mencegah radikal bebas pada sel tubuh serta menekan risiko penyakit pada saraf. Selain itu, kubis merah tinggi akan kandungan serat, vitamin K dan cairan.

Tips: Konsumsi kubis merah dalam kondisi mentah, atau sebagai lalap atau salad akan membuat tubuh menyerap antioksidannya dengan maksimal. Jika ingin memasaknya, olah dengan metode pemanasan dalam waktu singkat saja.

  1. Selada merah

Pernah mencoba selada merah? Selada merah memilki kandungan pigmen warna yang tinggi sehingga bisa mencegah terjadinya kanker. Selain itu, selada merah memiliki kandungan vitamin K dan cairan yang lebih tinggi dari selada biasa.

Nah, itu dia 5 jenis sayuran merah yang super sehat. Kelima jenis sayur tersebut tidak hanya sehat, namun tentu mudah diperoleh dan diolah, bukan?