Terbit: 22 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain dimasak, banyak orang yang mengolah sayur dengan cara menjadikannya jus. Selain itu, kita juga sudah terbiasa untuk mengonsumsi sayuran mentah sebagai lalapan. Satu-satunya kesamaan dari kedua jenis pengolahan sayur ini adalah rasanya yang tentu tidak seenak sayuran yang telah dimasak. Sebenarnya, manakah yang lebih sehat, sayur mentah atau jus sayur?

Sayur Mentah dan Jus Sayur, Mana yang Lebih Sehat?

Dilansir dari Health Me Up, pakar kesehatan menyebut sayuran mentah cenderung lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Sebaliknya, karena sudah diolah menjadi lebih lembut, nutrisi di dalam jus sayur cenderung lebih mudah diproses dan diserap oleh tubuh. Hanya saja, karena dijadikan jus, kandungan serat pada sayur akan menurun dengan signifikan atau bahkan menghilang. Padahal, serat adalah kandungan yang paling utama dan paling dibutuhkan dari sayuran.

Lantas, apakah hal ini berarti kita sebaiknya tidak mengonsumsi jus sayur demi bisa mendapatkan asupan serat? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita masih bisa mengonsumsi jus sayur demi mendapatkan asupan nutrisi menyehatkan lainnya. Untuk mendapatkan serat, kita masih bisa mengonsumsi buah segar atau gandum utuh.

Hanya saja, kita juga masih diperbolehkan untuk mengonsumsi sayuran mentah. Meski lebih sulit untuk dicerna, sayuran mentah kaya akan serat dan berbagai kandungan nutrisi. Sayuran yang dimasak juga bisa memberikan manfaat kesehatan jika sering-sering dikonsumsi. Hanya saja, ada baiknya kita mengolahnya dengan cara digoreng karena justru membuat sayuran ini kehilangan nutrisinya sekaligus membuatnya kaya akan kandungan lemak jahat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi