4 Jenis Sayur Harian yang Jitu Cegah Penuaan Kulit!

doktersehat-sayuran-hijau

DokterSehat.Com– Perawatan kulit apa yang Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penuaan pada kulit?

Seiring dengan berkembangnya pola hidup, tak dapat dipungkiri lagi banyaknya paparan akan radikal bebas yang dapat langsung mengenai kulit, bisa meningkatkan risiko kulit mengalami penuaan.

Hal ini tentu sebaiknya kita cegah dan hindari. Menggunakan perawatan dengan cara menjaga kebersihan atau menggunakan krim pelindung kulit, tentu menjadi salah satu langkah yang cukup tepat untuk dilakukan.

Kombinasi-jus-cerahkan-kulit-doktersehat-1Akan tetapi, jangan sampai Anda melupakan pentingnya perlindungan dan pencegahan terjadinya penuaan kulit dari dalam, ya.

Salah satu cara ampuh mencegah penuaan kulit dari dalam adalah dengan memberikan asupan gizi dari makanan.

Tidak perlu susah-susah mencari bahan makanan khusus yang bisa menjaga kesehatan kulit, karena ternyata ada lho jenis golongan makanan, yang mudah diperoleh dan harganya juga relatif tidak mahal, yang bisa mencegah penuaan kulit, yaitu sayur!

Ya, sayur merupakan salah satu golongan makanan yang banyak mengandung zat gizi penting yang ternyata ampuh dan jitu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Kandungan pada sayur yang bisa mencegah penuaan kulit

Beberapa jenis sayur yang cukup sering dikonsumsi sebagai pilihan sayur harian, ternyata memiliki beberapa kandungan yang super bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit.

Perlu diketahui, beberapa kandungan zat yang ada pada sayur yang bisa mencegah terjadinya penuaan kulit, adalah:

  • Cairan
  • Antioksidan, serta
  • Beberapa jenis vitamin yang penting untuk kulit, yaitu vitamin C dan E

Ketiga zat gizi tersebut memiliki peranan penting untuk mencegah penuaan kulit karena mampu:

  • Mencegah terjadinya peradangan pada sel akibat paparan radikal bebas dari lingkungan atau paparan zat yang tidak sehat
  • Menghambat atau melawan reaksi radikal bebas yang masuk dalam tubuh, serta
  • Mencegah terjadinya glikasi, yaitu adanya beberapa paparan ikatan zat yang bisa merusak kolagen kulit

Lantas, apa saja jenis sayur yang bisa mencegah penuaan kulit?

Penasaran sayur apa saja yang bisa memberikan manfaat berupa pencegahan terhadap penuaan pada kulit?

Yuk sama-sama kita simak, 5 jenis sayuran yang bisa mencegah penuaan kulit di bawah ini!

1. Bayam

Bayam tentu merupakan sayuran yang sangat umum diolah menjadi masakan harian, ya. Ternyata tidak hanya enak, bayam juga super bermanfaat untuk kesehatan kulit.
doktersehat-bayam-sayur

Kandungan antioksidan yang tinggi, ditunjukkan dari warna daun bayam yang hijau gelap, serta kandungan vitamin C yang ada pada bayam, menjadikan bayam sayuran yang baik dipilih sebagai sayuran berdaun yang mendukung pencegahan penuaan kulit.

2. Brokoli

Memiliki warna yang sama-sama hijau, brokoli juga memiliki khasiat yang sama supernya dengan bayam untuk menjaga kesehatan kulit.
doktersehat-brokoli-sehat-sayur-nutrisi-vitaminBrokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang padat gizi dan zat antioksidan. Agar manfaatnya maksimal, Anda juga bisa mengonsumsi sebagian besar batang brokoli yang tidak keras, karena bagian tersebut juga memiliki banyak kandungan antioksidan.

3. Tomat

Dari warnanya yang merah, kita tentu sudah bisa menebak bahwa sayuran yang satu ini memiliki banyak vitamin, ya.

buah-tomat-doktersehat
Photo Credit: flickr/ sean_hickin

Tomat selain memiliki kandungan vitamin A dan C, juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini membuat tomat bisa menjadi pilihan sayuran harian dan tak jarang tomat juga dijadikan pilihan sayuran untuk masker wajah.

4. Wortel

Sayuran yang cocok dibuat menjadi berbagai masakan ini, tentu sudah menjadi jenis sayuran yang sering dikonsumsi, ya.

doktersehat-wortel-sayur
Photo Credit: Ashwin Kamath

Wortel memiliki kandungan vitamin C, beta karoten dan fitonutrien yang tinggi, sehingga tepat dipilih sebagai sayuran yang ampuh mencegah penuaan kulit.