Terbit: 20 Maret 2018 | Diperbarui: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua organ tubuh kita–dari ujung kepala hingga ujung kaki– memiliki fungsi masing-masing. Meski kemampuan serta fungsinya berbeda, semua organ tersebut saling berhubungan dan harus dijaga. Menjaga organ sendiri perlu pengetahuan khusus, sebab tidak semua organ dapat diperlakukan sama. Di antaranya, ada organ tubuh yang harus dirawat dengan hati-hati dan telaten, misalnya organ intim.

Sayangi Organ Intim Anda dengan Tak Melakukan 3 Hal Ini!

Photo Credit : pexels.com

Ya, organ intim adalah salah satu organ vital bagi semua orang, khususnya wanita. Sebab, organ tersebut memiliki fungsi sakral bagi kehidupan wanita. Maka, sayangilah organ intim atau vagina Anda dengan tidak melakukan hal-hal yang merugikan. Lantas, apa saja hal yang merugikan bagi organ intim?

Berikut 3 hal yang merugikan untuk organ intim wanita:

1. Masturbasi

Masturbasi memang merupakan hal yang kontroversial. Tapi perlu Anda ketahui, masturbasi adalah tindakan yang memasukkan benda-benda tertentu pada liang vagina Anda. Benda tersebut bisa berupa vibrator, karet mainan, hingga benda-benda yang tidak masuk akal (buah-buahan). Tahukah Anda, jika pada benda-benda tersebut terdapat ribuan bahkan jutaan kuman yang bersarang. Jika kuman tersebut sampai masuk ke dalam dan akhirnya berkembang biak, maka organ intim Anda akan terkena infeksi yang cukup mengkhawatirkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Menggunakan Antiseptik

Seringkali wanita menggunakan cairan obat atau antiseptik untuk membersihkan vaginanya. Mereka percaya jika cairan tersebut efektif memberikan efek baik bagi organ intim. Hal tersebut memang benar, tapi jika terlalu sering menggunakan antiseptik juga tidak baik. Sebab, di dalam vagina terdapa dua jenis bakteri, yakni bakteri baik dan jahat. Dengan terlalu sering menggunakan antiseptik, maka bakteri baik pada vagina akan ikut terbunuh yang bisa berdampak buruk bagi organ intim Anda.

3. Jarang Ganti Pakaian

Jadilah wanita yang rajin mencuci. Sebab, kebanyakan kasus terjadi pada organ intim karena  wanita tersebut malas mencuci pakaian, khususnya pakaian dalam. Perlu Anda ketahui, saat berakitivitas seharian, jutaan bakteri dan kuman menempel pada pakaian Anda. Terlebih jika Anda berkeringat, maka hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan vagina. Jika Anda malas mengganti pakaian, maka 90 persen kemungkinan vagina Anda akan terkena infeksi dan jamur.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi