Saus Tomat Bisa Cegah Kanker?

saus-tomat-doktersehat
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih terbiasa mengonsumsi sambal alih-alih mengonsumsi saus tomat. Hanya saja, belakangan ini ada anggapan yang menyebut makan saus tomat bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker. Apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Kaitan Antara Saus Tomat dengan Risiko Kanker

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan di Universidad Politecnica de Valencia, Spanyol, dihasilkan fakta menarik tentang konsumsi saus tomat yang memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa ekstrak tomat memang bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker dengan signifikan.

Para peneliti menyhebut ekstrak tomat bisa membuat jumlah bakteri baik di dalam usus meningkat dengan signifikan. Saus tomat juga terbukti mampu memberikan manfaat layaknya makanan probiotik. Bahkan, pakar kesehatan menyebut manfaat kesehatan dari saus tomat yang sudah diolah jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan mengonsumsi tomat yang masih mentah.

Kandungan antioksidan di dalam saus tomat yang sangat tinggi ternyata bisa memberikan perlindungan bagi sel-sel tubuh, khususnya yang ada di dalam saluran pencernaan. Kandungan likopen yang ada di dalam tomat juga akan membuat jumlah bakteri baik yang berpengaruh besar bagi sistem imun tubuh semakin meningkat.

Penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa saus tomat bisa membantu melawan perkembangan sel kanker, khususnya kanker lambung. Hal ini berarti, rutin mengonsumsi saus tomat memang terbukti bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker dengan efektif.

Jangan Sembarangan Memilih Saus Tomat

Meskipun telah terbukti bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, pakar kesehatan menyebut kita sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi saus tomat, khususnya saus tomat kemasan yang dijual di pasaran. Kita lebih direkomendasikan untuk mengonsumsi saus tomat buatan rumahan yang terbuat dari bahan alami dan tidak memiliki bahan tambahan lainnya yang kurang sehat.

Masalahnya adalah banyak saus tomat botolan yang ternyata dibuat dengan bahan-bahan kimia tambahan yang kurang sehat. Bahkan, jika saus tomat yang kita konsumsi adalah yang berharga murah dan tidak berasal dari merek yang terpercaya, bisa jadi saus ini memiliki kandungan berbahaya atau bahkan terbuat dari bahan yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Bahaya Mengonsumsi Saus Tomat yang Tidak Sehat

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan jika terlalu sering mengonsumsi saus tomat botolan atau atau saus tomat kemasan yang berharga murah dan tidak memiliki izin edar BPOM.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

  1. Mengonsumsi Gula Berlebihan

Meskipun kebanyakan saus memiliki rasa yang pedas, bisa jadi saus tomat yang kita konsumsi ternyata memiliki kandungan gula yang tinggi. Sebagai informasi, terdapat sebuah penelitian yang membuktikan bahwa di dalam satu sendok makan saus tomat terdapat sekitar empat gram gula.

Padahal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan gula maksimal 25 atau 50 gram saja setiap hari demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

Tak hanya gula, pakar kesehatan juga menyebut di dalam saus tomat botolan juga memiliki kandungan sirup jagung fruktosa tinggi atau HFCS. Kandungan ini bahkan bisa memberikan dampak kesehatan lebih buruk dari gula. Tak hanya akan memicu kenaikan gula darah, kandungan ini juga bisa memicu ketagihan.

  1. Terdapat Kandungan MSG dan Bahan Pengawet

Banyak merek saus tomat botolan yang tinggi kandungan MSG, bahan pengawet, atau bahan pengental yang bisa memberikan efek layaknya peningkatan tekanan darah atau gangguan pencernaan jika terlalu sering dikonsumsi.

  1. Tinggi Kandungan Garam

Kandungan garam yang sangat tinggi di dalam saus bisa memicu masalah hipertensi atau gangguan ginjal jika terlalu banyak dikonsumsi.

  1. Rendah Nutrisi

Banyaknya bahan tambahan atau bahan kimia di dalam saus tomat botolan membuatnya justru rendah nutrisi dan tidak memberikan manfaat bagi kesehatan.

 

Sumber:

  1. Stoppard, Miriam. 2018. Eating Tomato Sauce on Pasta or as Ketchup can Help Cut Your Cancer Risk. irishmirror.ie/lifestyle/health/eating-tomato-sauce-pasta-ketchup-13111073 (Diakses pada 10 September 2019).