Sate Kambing Bisa Picu Maag?

daging-kambing-kolesterol
Photo Source: Twitter.com/mpsteakpancake

DokterSehat.Com– Sate kambing termasuk dalam makanan khas Indonesia yang digemari oleh masyarakat. Rasanya yang nikmat memang bisa membuat kita ketagihan. Hanya saja, sate kambing seringkali dituding sebagai penyebab dari berbagai macam masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau masalah asam lambung. Khusus untuk masalah kesehatan yang disebut terakhir, apakah sate kambing memang bisa menjadi pemicunya?

Sate kambing menyebabkan datangnya maag

Pakar kesehatan menyebut anggapan ini ternyata benar. Hanya saja, hal ini tidak berlaku pada setiap orang. Ada sebagian orang yang lebih rentan mengalami kenaikan asam lambung setelah mengonsumsi sate kambing. Hal ini disebabkan oleh daging yang memang secara alami memicu produksi asam lambung dalam jumlah banyak sehingga bisa menyebabkan dampak ini.

Jika kita makan daging dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat, maka lambung akan segera memproduksi asam lambung demi mengolah daging tersebut. Jika ditambah dengan penggunaan bumbu pada olahan daging ini yang cukup tajam, maka produksi asam lambung akan semakin tinggi. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan kenaikan asam lambung.

Sebenarnya, selain sate kambing atau daging olahan lainnya, daging jenis lainnya seperti daging sapi atau daging ayam juga bisa menyebabkan kenaikan asam lambung jika dikonsumsi dengan berlebihan. Karena alasan inilah kita memang sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsinya.

Makanan lain yang bisa menyebabkan maag jika dikonsumsi dengan sembarangan

Selain sate kambing dan olahan daging lainnya, pakar kesehatan menyebut ada banyak makanan lain yang juga bisa menyebabkan asam lambung naik atau maag.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Mie instan

Sudah menjadi rahasia umum jika mie instan sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Meski rasanya enak dan mengenyangkan, makanan ini tinggi kandungan garam yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, termasuk dalam hal menyebabkan kenaikan asam lambung.

Selain itu, jika kita mengonsumsi garam dengan berlebihan, risiko terkena kenaikan tekanan darah pun akan meningkat.

  1. Makanan pedas

Masyarakat Indonesia dikenal luas sebagai penggemar makanan pedas. Hanya saja, jika kita mengalami masalah asam lambung atau maag, sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsinya karena bisa memperburuk masalah kesehatan ini.

  1. Minuman bersoda

Meski menyegarkan, minuman bersoda bisa memicu kenaikan asam lambung dengan cepat. Selain itu, minuman bersoda juga biasanya tinggi kandungan gula sehingga bisa meningkatkan berat badan sekaligus risiko diabetes jika sering dikonsumsi.

  1. Buah-buahan dengan rasa yang masam

Beberapa jenis buah dengan rasa yang masam seperti jeruk atau lemon jika dikonsumsi saat perut kosong bisa menyebabkan kenaikan asam lambung dengan cepat. Sebaiknya kita mengonsumsinya saat perut sudah terisi makanan demi mencegah masalah kesehatan ini.

  1. Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi

Gorengan, makanan cepat saji, dan makanan tinggi lemak lainnya sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi karena bisa menyebabkan kenaikan asam lambung dengan cepat. Makanan-makanan ini juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan serta risiko terkena penyakit kardiovaskular meningkat.

  1. Kopi

Sebenarnya, kopi termasuk dalam minuman yang baik bagi kesehatan. Hanya saja, jika kita memiliki riwayat maag atau asam lambung, sebaiknya menurunkan atau bahkan benar-benar menghindari kopi demi mencegah kekambuhan penyakit ini.

  1. Cokelat

Sebagaimana kopi, cokelat juga kaya akan manfaat kesehatan namun sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi oleh penderita asam lambung atau maag. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan theobromine di dalam cokelat yang bisa menyebabkan gangguan fungsi otot esophageal sphincter. Kondisi inilah yang memungkinkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan.