Sariawan di Lidah: Penyebab dan Obat yang Ampuh

sariawan-di-lidah-doktersehat

DokterSehat.Com – Sariawan adalah salah satu masalah kesehatan yang rasanya, hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Sariawan umumnya terjadi di area bibir, gusi, dan dinding mulut. Tak ketinggalan, lidah juga menjadi bagian mulut yang kerap dilanda sariawan. Berbicara soal sariawan di lidah, tentunya hal ini sangat menyakitkan dan mengganggu. Apa penyebab dan obat untuk mengatasi sariawan di lidah?

Penyebab Sariawan di Lidah

Sariawan adalah semacam luka berukuran kecil yang muncul di area mulut. Luka ini kadang bisa berjumlah lebih dari satu dalam sekali kemunculannya. Sebagai luka, sariawan (mouth ulcer) menyebabkan timbulnya rasa perih yang sangat mengganggu di area mulut yang terdampak penyakit ini.

Pada kasus sariawan di lidah (dan sariawan di area lainnya), penyebab dari kondisi tersebut belum dapat diketahui secara pasti. Namun, diduga penyebab sariawan di lidah ini berasal dari sejumlah faktor, yaitu:

1. Luka pada Lidah

Sariawan yang muncul di lidah Anda bisa disebabkan oleh adanya luka. Luka ini sendiri muncul karena sejumlah faktor, seperti lidah yang tidak sengaja tergigit atau kebiasaan menyikat gigi terlalu keras. Pada perkembangannya, luka tersebut bisa menjadi sariawan di lidah.

2. Oral Thrush

Oral thrush adalah masalah mulut yang dipicu oleh infeksi jamur Candida albicana, yang mana jamur ini lantas mengakibatkan munculnya bercak putih berjumlah lebih dari satu di sejumlah area mulut, termasuk lidah. Jika tidak segera diobati, oral thrush akan berkembang menjadi sariawan di lidah, pun kemampuan lidah untuk mengecap mengalami penurunan.

3. Infeksi Bakteri atau Virus

Infeksi bakteri atau virus juga menjadi penyebab umum sariawan di lidah. Biasanya, bakteri Helicobacter pylori, yakni bakteri penyebab penyakit herpes dan juga tukak lambung menjadi pemicu terjadinya sariawan di lidah.

4. Alergi

Ada kalanya sistem kekebalan tubuh Anda menjadi sangat sensitif terhadap elemen asing yang masuk, dalam konteks ini, ialah jenis-jenis makanan tertentu seperti udang, ayam, coklat, dan sebagainya. Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin akan terjadi reaksi alergi di sejumlah bagian tubuh, tak terkecuali mulut dan lidah.

Reaksi alergi yang terjadi pada lidah inilah yang lantas ditandai oleh sejumlah gejala, salah satunya muncul sariawan di lidah.

5. Gangguan Autoimun

Pada kondisi yang lebih serius lagi, yakni ketika autoimun mengalami kelainan, maka hal ini juga bisa berdampak pada timbulnya sariawan di lidah. Penanganan khusus dari dokter diperlukan guna mengatasi penyebab sariawan di lidah yang satu ini.

6. Paparan Zat Kimia

Zat kimia seperti sodium lauryl sulfate yang terkandung dalam produk pasta gigi maupun obat kumur juga bisa menjadi penyebab sariawan pada lidah. Hal ini umumnya berlaku pada Anda yang lidahnya memiliki sensitivitas tinggi terhadap zat kimia tersebut.

7. Kanker

Bukan bermaksud menakut-nakuti, namun penyebab sariawan di lidah yang satu ini memang benar adanya. Sariawan di lidah sebagai pertanda adanya kanker—dalam hal ini kanker lidah (mulut)—dapat dikenali dari kondisi sariawan yang terlihat lebih parah daripada bentuk sariawan pada umumnya dan mudah berdarah.

Jika Anda mengalami jenis sariawan yang seperti ini, maka segera periksakan diri ke dokter guna dilakukan penanganan medis lebih lanjut.

Selain hal-hal di atas, faktor yang menyebabkan munculnya sariawan di lidah juga meliputi penyakit aphtous stomatitis, stres, rokok, diabetes, bahkan penyakit serius semisal HIV/AIDS.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Sariawan di lidah tentunya bukan hal yang menyenangkan. Walaupun sebagian besar kasus ini tidak berbahaya, rasa perih yang kadang teramat sangat akan membuat Anda sulit untuk berbicara atau mengunyah makanan. Jika sudah begitu, produktivitas pun menjadi terganggu.

Sariawan di lidah sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Kendati demikian, proses ini bisa memakan waktu lama sampai luka sariawan benar-benar tertutup. Oleh karenanya, akan lebih baik jika Anda melakukan sejumlah usaha sebagai cara mengobati sariawan di lidah agar sembuh lebih cepat. Lagipula, obat sariawan di lidah tidak sulit untuk didapatkan, kok.

Berikut ini adalah cara mengobati sariawan di lidah yang perlu Anda ketahui.

1. Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat sariawan di lidah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit ini. Kortikosteroid yang tak lain adalah obat anti-inflamasi berfungsi untuk mengatasi peradangan (inflamasi) pada lidah yang mengakibatkan sariawan tersebut. Selain mengobati peradangan, kortikosteroid juga efektif untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan.

Gunakan obat sariawan di lidah ini (umumnya berupa obat kumur) sesuai dengan aturan pakai yang tertera di kemasan, atau mintalah resep dari dokter yang bersangkutan.

2. Anestesi Topikal

Anestesi topikal cara mengobati saraiawan di lidah yang bertujuan untuk mematikan rasa sakit akibat sariawan di lidah yang sudah semakin parah. Obat sariawan di lidah yang mengandung zat anestesi umumnya berupa produk obat tetes yang banyak beredar di pasaran.

Akan tetapi perlu diingat, penggunaan obat ini tidak bisa sembarangan. Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan obat ini. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan paracetamol atau ibuprofen guna meredakan perih akibat sariawan.

3. Lidah Buaya

Jika selama ini Anda berpikir bahwa gel lidah buaya hanya bermanfaat untuk rambut, maka Anda juga harus tahu bahwa gel lidah buaya juga merupakan salah satu obat sariawan di lidah.

Cuci daun lidah buaya hingga bersih terlebih dahulu, kemudian belah sampai terlihat gelnya. Setelah itu, oleskan gel lidah buaya pada lidah yang terdampak sariawan. Diamkan selama beberapa menit lalu berkumurlah. Lakukan cara mengobati sariawan di lidah ini secara teratur 2 – 3 kali sehari sampai sariawan hilang.

4. Air Garam

Garam juga sudah lama dipercaya sebagai obat sariawan di lidah yang ampuh.

Campurkan ½ sendok the garam dapur bubuk ke dalam setengah gelas air bersih, Setelah itu, berkumurlah dengan air garam tersebut selama 1 – 1,5 menit. Lakukan cara mengobati sariawan di lidah ini 1 – 2 kali sehari sampai sariawan sembuh.

5. Kantong Teh Celup

Kantong teh celup mengandung senyawa yang dinamai alkali, di mana senyawa ini berfungi untuk menetralkan asam yang ada pada mulut dan lidah. Sebagaimana diketahui, kadar asam yang terlalu tinggi pada mulut beserta lidah juga berakibat pada munculnya sariawan.

6. Vitamin C

Sariawan di lidah yang Anda derita mungkin saja merupakan efek dari asupan vitamin C yang tidak ideal, dalam hal ini kurang. Jika begitu, maka solusi untuk mengatasi sariawan tersebut adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C Anda, bisa melalui buah-buahan maupun suplemen.

Sementara itu, Anda juga bisa mengimbangi asupan vitamin C ini dengan vitamin B kompleks, yang mana vitamin B kompleks ini bertugas untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Itu dia informasi seputar sariawan di lidah beserta penyebab dan oba sariawan di lidah yang bisa dikonsumsi. Semoga bermanfaat!