Terbit: 17 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kadangkala, kita langsung merasakan lapar setelah bangun pagi sehingga langsung mencari makanan untuk sarapan. Selain itu, karena ada keperluan untuk pergi ke luar kota, kita pun langsung mengonsumsi sarapan sebelum matahari terbit. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita mengonsumsi sarapan terlalu pagi?

Sarapan Terlalu Pagi, Berbahayakah?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini ternyata tidak apa-apa untuk dilakukan karena membuat kita mendapatkan sumber energi yang penting bagi tubuh. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons, dihasilkan fakta bahwa sarapan terlalu pagi masih lebih baik dibandingkan dengan makan terlalu larut atau di tengah malam. Sebagai contoh, para peneliti meminta kita untuk tidak mengonsumsi makan malam setelah pukul 18.00 sore.

Dalam penelitian ini, para ahli memakai data dari Hispanic Community Health Study atau Study of Latinos yang berupa 12.700 orang dengan usia 18 hingga 76 tahun dari etnis Latin. Para peneliti ini mengecek tekanan darah dan kadar gula para partisipan lalu membandingkannya dengan pola makan. Hasilnya adalah, jika seseorang makan lebih larut dari pukul 18.00, maka konsumsi kalorinya bisa mencapai 30 persen dari konsumsi kalori harian. Hal ini akan mempengaruhi tekanan darah dan kondisi kadar gulahnya.

Para peneliti menyebutkan bahwa makan setelah pukul 18.00 akan mempengaruhi jam biologis tubuh. Sebagai informasi, fungsi tubuh memang cenderung jauh lebih aktif jika masih ada sinar matahari, termasuk dalam hal mengolah atau mencerna nutrisi makanan.

Lantas, mengapa sarapan terlalu pagi tidak memberikan efek yang sama?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Hal ini disebabkan oleh makanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Setelah bangun tidur, tubuh akan berusaha untuk berfungsi dengan maksimal dan hal ini berpengaruh besar pada proses pencernaan makanan. Setelah kita melihat sinar matahari pagi, secara alami tubuh juga akan aktif dan makanan yang kita konsumsi pun akan diolah dengan maksimal sebagai sumber energi yang tentu tidak akan memicu kenaikan berat badan dengan signifikan.

Meskipun begitu, pastikan untuk tidak mengonsumsi sarapan dengan sembarangan. Konsumsilah makanan dengan kadar gizi yang seimbang dengan tidak mengonsumsi karbohidrat berlebihan dan memastikan ada kandungan serat dari sayur dan buah-buahan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi