Terbit: 22 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu jenis makanan yang paling sering kita konsumsi saat sarapan adalah telur. Telur mudah untuk diolah menjadi berbagai macam masakan dan rasanya juga dijamin enak. Sebagai contoh, kita bisa mengonsumsi telur rebus atau telur goreng sebagai lauk saat sarapan. Sebenarnya, mana yang lebih sehat diantara kedua jenis olahan telur tersebut?

Lebih Sehat Sarapan Telur Rebus atau Telur Goreng?

Di dalam telur terdapat kandungan protein dan nutrisi lainnya yang bisa mendukung kesehatan tubuh. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi sebutir telur, maka kita akan mendapatkan 70 kalori dan protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini akan mendukung kesehatan otot dan menjaga keseimbangan struktur gula darah.

Hanya saja, telur goreng sedikit tidak lebih sehat dibandingkan dengan telur rebus karena cara pengolahannya yang menggunakan minyak sehingga tentu mengalami penambahan kadar lemak jenuh. Mengonsumsi telur goreng tentu saja masih diperbolehkan, namun akan jauh lebih baik jika kita mengonsumsi telur rebus yang lebih sehat, khususnya bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi.

Meskipun di dalam telur sebenarnya juga terdapat kadar kolesterol, jenis kolesterol ini sebenarnya adalah kolesterol baik yang justru mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Di dalam sebutir telur terdapat sekitar 200 miligram kolesterol baik yang justru disarankan untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi telur rebus yang tidak memiliki kadar lemak jenuh, maka kita akan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif.

Di dalam telur juga terdapat 9 jenis amino yang baik bagi kesehatan mental kita. Dengan mengonsumsi telur rebus yang sehat saat sarapan, maka kandungan asam amino ini akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin yang bisa membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Kita pun tidak akan mudah stres dan memiliki suasana hati yang jauh lebih baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Telur juga kaya akan kandungan kolin yang bisa membuat fungsi otak meningkat dan menurunkan risiko terkena penyakit demensia dan alzheimer. Rutin mengonsumsinya saat sarapan akan membuat kita berpikir dan berkonsentrasi dengan lebih baik.

Tak perlu ragu lagi untuk rutin makan telur setiap sarapan. Banyak manfaat kesehatannya bagi tubuh kok.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi