Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa menu sarapan khas Indonesia favorit Anda? Ragam kuliner khas Indonesia memang super nikmat dan sebagian cocok dipilih saat sarapan.

4 Masakan Khas Indonesia yang Super Sehat untuk Sarapan

Mulai dari pecel, bubur, nasi uduk, dan berbagai jenis masakan khas dari berbagai daerah lainnya. Kira-kira, diantara berbagai menu masakan khas Indonesia tersebut, mana yang paling sehat untuk sarapan, ya?

Memilih menu sarapan yang sehat

Sarapan sehat yang disajikan dalam berbagai jenis, baik maupun Indonesia, tentu memiliki komposisi gizi yang sama, yaitu:

  • Karbohidrat, dari makanan pokok
  • Protein, boleh lauk hewani dan nabati, atau salah satunya, serta,
  • Vitamin dan mineral dari sayur dan buah.

Ketiga komposisi zat gizi tersebut merupakan komposisi penting yang harus dipenuhi sebagai kebutuhan gizi awal hari.

Lantas, apa saja menu masakan khas Indonesia yang super sehat untuk sarapan?

Berikut 4 jenis masakan khas Indonesia yang bergizi seimbang dan sehat untuk sarapan:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

1. Pecel

Photo Credit: Flickr.com /Bayu Probo

Anda penggemar pecel? Makanan khas Jawa Timur ini tentu super sehat karena memiliki kandungan gizi yang seimbang. Pecel memang tidak hanya coocok dikonsumsi di pagi hari, namun sangat umum dipilih sebagai menu untuk sarapan.

Pecel memiliki komposisi gizi yang cukup lengkap, karena disajikan dengan nasi, berbagai jenis sayuran, lauk hewani dan bumbu kacang yang juga merupakan sumber protein nabati.

Agar makin sehat, pastikan porsi sayuran dalam pecel Anda cukup, yaitu minimal 5-6 sendok besar sayur berdaun dan hindari memilih lauk pecel yang digoreng, ya.

2. Bubur dengan tambahan banyak sayuran

Kesalahan-sarapan-bubur-doktersehat-1Pagi hari tentu super nikmat jika sarapan dengan bubur, ya. Menu yang satu ini cukup umum dipilih karena tidak hanya nikmat, namun juga cukup praktis.

Pastikan Anda menyajikan bubur dengan komposisi gizi yang tepat, yaitu tambahkan lauk hewani, misalnya ayam atau telur rebus, kacang-kacangan yang juga direbus, serta tambahkan 1 porsi sayuran yang bisa terdiri dari, jamur, tomat, daun bawang, atau sayuran lainnya yang cocok.

3. Lontong sayur dengan kuah santan encer

Photo Credit: Flickr.com /Alpha

Lontong sayur juga menjadi pilihan menu sarapan yang cukup banyak dipilih. Sama seperti dua menu masakan sebelumnya, lontong sayur memiliki komposisi gizi awal hari yang lengkap.

Agar lebih sehat, pilih menu hewani, misalnya udang atau telur yang direbus. Perbanyak jumlah sayur, paling sedikit 1 porsi sayur, dan sajikan dengan santan yang encer agar pencernaan tidak terganggu.

Hindari menambahkan terlalu banyak sambal karena perut di awal hari masih sensitif, ya.

4. Nasi kuning atau nasi uduk dengan urap

Photo Credit: Flickr.com /Edsel Little

Nasi kuning dan nasi uduk tentu tak boleh ketinggalan. Dua menu masakan ini tentu terdiri dari nasi yang disertai berbagai jenis lauk, baik hewani maupun nabati, yang super nikmat dengan aneka bumbu.

Nah, agar lebih sehat, selalu tambahkan paling tidak 1 porsi sayuran, sayuran yang bisa ditambahkan adalah sayuran urap, bukan sayuran bersantan, yang juga cukup cocok dengan menu nasi kuning atau nasi uduk.

Hindari memilih lauk yang digoreng dan jangan pula menambahkan terlalu banyak sambal, ya.

Nah, itu dia 4 menu masakan Indonesia yang super sehat. Kini Anda bisa menikmati ragam kuliner khas Indonesia untuk sarapan dan kebutuhan asupan gizi dalam tubuh juga tetap terpenuhi, bukan?

Kira-kira menu masakan nomor berapa yang Anda pilih sebagai menu sarapan hari ini? Selamat menikmati menu sarapan ala Indonesia yang super nikmat dan tetap sehat, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi