Tips Sarapan Sehat Untuk Penderita Diabetes

doktersehat-sarapan-diabetes
Photo Credit: Flickr.com/Pedro Fernandes

DokterSehat.Com– Penderita diabetes tentu harus memerhatikan setiap waktu makannya ya. Baik itu saat camilan dan makanan utama, termasuk sarapan. Kira-kira bagaimana sih cara pemilihan sarapan yang sehat untuk penderita diabetes?

Sarapan merupakan waktu makan yang baik untuk dijadikan kebiasaan oleh penderita diabetes. Hal ini akan sangat mendukung asupan makanan yang teratur sehingga kadar gula darah akan terkontrol. Lalu, bagaimanakah sarapan yang sehat untuk penderita diabetes?

Beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam pemilihan menu sarapan untuk penderita diabetes adalah:

1. Pastikan gizi lengkap

Sama dengan prinsip sarapan pada umumnya, menu sarapan pada penderita diabetes haruslah lengkap. Hal ini akan mendukung pemenuhan kebutuhan energi harian tubuh lebih optimal.

Golongan makanan yang dianjurkan ada pada sarapan adalah karbohidrat, protein nabati atau hewani dan serat. Pemilihan bahan makanan harus dilakukan dengan cermat agar kadar gula darah tidak melonjak tajam.

2. Pilih sumber karbohidrat yang tinggi serat

Untuk menghindari lonjakan kadar gula darah, usahakan agar penderita diabetes memilih sumber karbohidrat berserat tinggi. Whole grain, roti dari tepung whole grain atau oatmeal tinggi serat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan.

Jika ingin mengonsumsi beras, usahakan pilih pula beras tinggi serat ya, beras merah bisa menjadi pilihan karbohidrat yang super sehat.

3. Hindari menambahkan karbohidrat sederhana pada makanan atau minuman

Menambahkan olahan makanan manis, seperti madu, di atas sereal atau roti saat sarapan seakan sudah menjadi sebuah kebiasaan. Namun, hal ini tentu menjadi kebiasaan yang harus dihindari oleh penderita diabetes ya.

Tidak hanya pada makanan, penggunaan gula pada minuman saat sarapan juga harus benar-benar dibatasi lho. Sebaiknya pilih minuman tanpa pemanis, misalnya susu segar tanpa rasa atau teh hijau tawar.

4. Tingkatkan sumber serat dari protein nabati dan pilihan buah yang tepat

Kacang merah, kacang hijau atau olahan buah segar tentu bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan serat saat sarapan. Mengolah kacang merah menjadi sup atau membuat oatmeal dengan campuran buah segar rendah gula, misalnya apel dan kiwi, tentu bisa jadi menu sarapan penderita diabetes yang super sehat, kan?