Terbit: 30 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada dua jenis orang yang bisa kita temukan setelah bangun pagi. Ada yang langsung bangun pagi demi menyegarkan badan, dan ada yang memilih untuk sarapan terlebih dahulu demi memberikan asupan energi bagi tubuh sebelum mandi. Sebenarnya, mana yang lebih baik, sarapan atau mandi terlebih dahulu?

Sebaiknya Sarapan atau Mandi Dulu Setelah Bangun Pagi?

Memilih Sarapan atau Mandi Terlebih Dahulu

Sarapan adalah salah satu waktu makan yang paling penting bagi kesehatan. Bagaimana tidak, di waktu inilah kita bisa mendapatkan sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh demi melakukan berbagai macam aktivitas. Selain itu, sarapan juga bisa mengisi kembali cadangan energi yang berkurang saat kita tidur malam.

Pakar kesehatan menyebut sarapan juga bisa mendukung proses penyerapan nutrisi, menjaga keseimbangan kadar gula darah, dan menjaga pola makan kita tetap sehat. Karena alasan inilah banyak pakar diet yang menyarankan kita untuk tetap mengonsumsi sarapan saat sedang menjalani program penurunan berat badan.

Jika kita melewatkan sarapan, maka tubuh akan mengondisikan diri demi menghemat energi karena tidak adanya asupan makanan. Hal ini bisa membuat performa otak berkurang dengan signifikan. Padahal, otak membutuhkan energi demi berkonsentrasi, berpikir, fokus, menjaga daya ingat, dan menyerap berbagai macam informasi.

Pakar kesehatan menyebut orang-orang yang terbiasa melakukan aktivitas sehari-hari dengan menghabiskan energi dalam jumlah yang banyak untuk sarapan terlebih dahulu sebelum mandi. Waktu sarapan yang ideal adalah sekitar satu atau dua jam setelah bangun pagi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Hanya saja, jika kita terbiasa masih merasa mengantuk dan lesu saat bangun tidur, tak ada salahnya untuk segera mandi demi menyegarkan badan, membersihkan berbagai macam kotoran dan keringat, dan membuat otak serta berbagai indera ‘terbangun’.

Ada baiknya kita tidak mandi dengan air hangat di pagi hari, terkecuali jika suhu udara sedang sangat dingin. Mandi air hangat bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sehingga kita bisa saja merasa kembali mengantuk. Sementara itu, mandi air dingin justru bisa membuat semangat dan energi kita bertambah.

Tips Sehat Sarapan

Tak hanya memastikan diri untuk tidak melewatkan waktu sarapan, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal lain yang bisa kita perhatikan jika ingin sarapan dengan sehat.

Berikut adalah berbagai hal yang perlu kita perhatikan tersebut.

  1. Sebaiknya Tidak Memilih Makanan Manis

Memang, makanan manis bisa memberikan kenikmatan tersendiri saat dikonsumsi, namun hal ini juga bisa memberikan kerugian, khususnya jika dikonsumsi saat sarapan. Hanya saja, pakar kesehatan justru tidak menyarankan kita untuk sarapan dengan makanan manis seperti pancake, kue, dan lain-lain.

Makanan tinggi gula memang bisa menyediakan sumber energi, namun setelah kadar gula naik drastis, hal ini kemudian diikuti dengan penurunan kadar gula dalam waktu yang cepat sehingga membuat badan terasa lesu dan mengantuk. Selain itu, sering mengonsumsinya juga berpotensi membuat berat badan atau risiko diabetes naik.

  1. Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Makanan Berkarbohidrat dengan Berlebihan

Banyak orang yang berpikir jika semakin banyak asupan makakan berkarbohidrat yang dikonsumsi saat sarapan, semakin tinggi pula energi yang didapatkan oleh tubuh. Sayangnya, hal ini tidak selalu benar. Meskipun bisa membuat perut kenyang, dalam realitanya hal ini juga akan memicu ketidakseimbangan gula darah yang akhirnya berimbas pada tubuh yang lesu dan kurang berenergi.

  1. Hanya Mengandalkan Menu Berprotein

Masih banyak orang yang sarapan hanya dengan lauk protein seperti telur, tempe, atau daging-dagingan. Hal ini akan membuat kita kekurangan serat sehingga bisa memicu gangguan pencernaan dan tidak bisa menahan rasa kenyang hingga waktu makan siang tiba.

  1. Memperbanyak Asupan Air Putih

Tak hanya mencegah dehidrasi dan mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, banyak minum air putih bisa menyehatkan pencernaan dan menjaga pola makan agar tidak berlebihan.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2019. Start With a Better Morning Routine. www.everydayhealth.com/healthy-living-photos/10-ways-to-improve-your-morning-routine.aspx. (Diakses pada 30 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi