Sangat Sedih Sampai Tak Bisa Lagi Menangis? Ternyata Ini Penyebabnya

Depresi-Postpartum-Baby-Blue-Syndrome-doktersehat

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali hal yang bisa membuat kita terkena stress atau sedih. Yang menjadi masalah adalah, jika hal ini tidak ditangani dengan benar, maka kita bisa mengalami depresi. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa wanita cenderung lebih rentan terkena depresi jika dibandingkan dengan pria. Salah satu dari gejala depresi ini ternyata kerap dialami namun tidak disadari, yakni tidak bisa lagi menangis meski sudah sangat sedih.

Tidak bisa lagi menangis
American Psychological Society menyebutkan bahwa jika kita sudah tidak bisa lagi menangis meskipun sedang merasakan kesedihan yang luar biasa, maka bisa jadi kita sudah mengalami depresi. Hal yang sama juga terjadi jika kita cenderung mudah menangis.

Mudah marah
Pakar kesehatan dr. Angele Reiter, PsyD menyebutkan bahwa kebiasaan mudah marah adalah tanda dari depresi. Masalah kesehatan mental ini memang bisa membuat perhatian kita cenderung pada hal-hal yang negatif saja sehingga kta pun cenderung mudah marah.

Susah tidur
Depresi bisa membuat kita cenderung susah tidur. Bahkan, meskipun kita sudah terlelap sekalipun, tidur tidak benar-benar berkualitas sehingga kita seperti merasa kurang beristirahat dan saat terbangun badan masih terasa lesu, pegal-pegal, dan tidak bugar.

Menyendiri
Pakar kesehatan dr. Shanthi Mogali dari Mountanside Treatment Center menyebutkan bahwa depresi bisa membuat kita merasa kewalahan dan merasa lelah. Hal ini akan membuat kita ingin lebih banyak beristirahat atau memberi waktu bagi diri sendiri dan menarik diri dari pergaulan.

Melukai diri sendiri
Jika kita sampai melukai diri sendiri layaknya memukuli diri sendiri karena merasa kecewa akan banyak hal, hal ini adalah tanda bahwa kita sudah mengalami depresi cukup parah. Kebiasaan ini dilakukan oleh penderita depresi karena ingin melepaskan tekanan emosionalnya.

Jika anda sudah sampai mengalami hal-hal tersebut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter kejiwaan agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah depresi yang anda alami.