Sandiaga Uno Pede Pakai Pelembab Bibir, Apakah Pria Memang Perlu Menggunakannya?

sandiaga-uno-pakai-pelembab-bibir-doktersehat
Photo Credit: Youtube/ TV Media online

DokterSehat.Com– Aksi wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang cuek menggunakan pelembab bibir menjadi perbincangan banyak orang. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan benda ini yang dipakai oleh kaum hawa, bukannya pria. Sebenarnya, apakah memang kaum pria juga perlu menggunakannya?

Photo Credit: Youtube/ TV Media online

Dalam sebuah wawancara, Sandi menyebutkan bahwa Ia memang sudah terbiasa memakai pelembab bibir karena mengalami bibir kering. Apalagi Sandi juga kerap melakukan aktifitas di luar ruangan sehingga rentan terkena masalah kesehatan ini. Jika sampai hal ini terjadi, tentu saja bibir akan terasa tidak nyaman dan jika harus melakukan wawancara, Ia tentu akan mengalami kesulitan.

Pakar kesehatan kulit dan kelamin dr. Rachel Juanda menyebutkan bahwa sebagaimana bagian kulit lainnya, kulit bibir juga bisa mengalami masalah kulit kering, apalagi jika suhu udara cenderung lebih dingin layaknya saat musim hujan seperti sekarang ini. Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan orang cenderung memilih untuk menjilati bibir untuk mengatasi masalah bibir kering. Padahal, air liur justru akan bisa menghilangkan kandungan minyak alami kulit dan membuat masalah bibir kering menjadi semakin parah.

Apa yang dilakukan Sandiaga dengan memakai pelembab bibir sah-sah saja untuk dilakukan, baik pria atau wanita. Hanya saja, jika kita tidak memiliki pelembab bibir, ada baiknya kita memenuhi kebutuhan air putih kita setiap hari demi mengatasi dan mencegah masalah bibir kering ini.

Tak hanya mencegah masalah bibir kering, penggunaan pelembab bibir juga akan mencegah masalah bibir pecah-pecah berlanjut menjadi iritasi. Selain itu, pelembab bibir yang memiliki kandungan antioksidan dan kolagen juga akan menjaga kesehatan kulit bibir sehingga akan mencegah datangnya penuaan dini.

Pakar kesehatan dr. Mehmet Oz menyebutkan bahwa ada baiknya pria dan wanita memakai pelembab bibir (lip balm) dengan kadar SPF minimal 15 agar bisa melindungi dari paparan sinar UVA dan UVB matahari. Gunakanlah pelembab bibir ini setidaknya setengah jam sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan atau melakukannya sekitar 2 jam sekali jika merasa bibir terasa kering.