Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak semua jenis makanan bisa dimakan sampai habis. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang biasanya hanya bisa dimakan bagian dalamnya saja, sebut saja buah atau telur yang selalu dibuang kulitnya karena tidak bisa dikonsumsi. Akhirnya, kulit-kulit tersebut berakhir di tempat pembuangan sampah tanpa bisa dimanfaatkan.

3 Jenis Sampah Makanan yang Bisa Didaur Ulang

Akan tetapi, mulai sekarang Anda wajib tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda manfaatkan seluruhnya meskipun tidak bisa dimakan. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Kulit Apel

Sebagian orang yang sedang mengonsumsi buah apel pasti akan membuang kulitnya. Sebab, mereka berpikir bahwa kulit apel memiliki rasa sepat dan bertekstur sedikit keras sehingga mereka lebih suka mengonsumsi daging buahnya saja, sedangkan kulitnya dibuang ke tempat sampah. Padahal, kulit apel bisa dimanfaatkan menjadi selai manis sebagai teman makan roti saat sarapan. Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu merebus kulit apel dengan air dan gula pasir hingga mengental. Simpan dalam toples, lalu oles pada roti yang akan dijadikan sebagai sarapan.

2. Kulit Kentang

Kentang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang memiliki rasa cukup lezat. Terkadang, saat mengolah kentang, Anda langsung membuang kulitnya. Mulai sekarang, saat Anda sedang mengolah kentang, sebaiknya jangan dibuang kulitnya. Hal ini dikarenakan kulit kentang bisa Anda olah menjadi makanan ringan, seperti keripik kulit kentang. Cara mengolahnya adalah pertama panggang kulit kentang dengan siraman minyak dan taburan lada halus hingga kering. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan taburan keju parut dan saus cocolan. Terakhir, keripik kulit kentang siap untuk disantap.

3. Kulit telur

Siapa yang mau mengonsumsi kulit telur? Anda pasti juga tidak akan mau mengonsumsinya. Sebab, kulit telur memang tidak bisa dikonsumsi, sehingga Anda akan membuangnya ke tempat sampah. Padahal, kulit telur juga bisa Anda manfaatkan menjadi sebuah karya seni yang menarik, yakni Loyang mini untuk memanggang kue. Caranya, tata kulit telur lalu tuangkan adonan kue ke dalamnya. Kemudian, panggang hingga kue matang dan angkat segera.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi