Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak suka panganan yang satu ini? Jenisnya yang beragam di setiap daerah membuat banyak orang sangat menyukai sambal. Kerap dianggap sepele karena hanya sebagai cocolan saat makan, ternyata sambal juga memiliki kandungan gizi lho. Apa saja?

Sambal Juga Banyak Gizinya Lho

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa sambal terbuat dari bumbu cabai, rempah serta sayuran misalnya tomat. Hal ini membuat sambal memiliki berbagai kandungan gizi.

Meskipun setiap daerah memiliki sambal dengan bahan baku yang berbeda-beda, namun umumnya bahan dasar sambal adalah menggunakan cabai, bawang dengan beberapa tambahan bumbu rempah. Berdasarkan US Departement of Agriculture, kandungan gizi sambal adalah:

1. Vitamin C dan A

Sayur yang kerap digunakan sebagai sambal adalah tomat dan cabai. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan vitamin C dan A yang tinggi, utamanya jika dipilih yang sudah berwarna merah atau oranye. Hal ini akan memberikan manfaat untuk tubuh berupa imunitas tubuh serta pemenuhan kebutuhan vitamin A untuk tubuh.

2. Kandungan serat dan cairan

Meskipun tidak banyak, dalam satu porsi sambal, kurang lebih 5 sendok makan sambal, terdapat 60 gram kandungan cairan serta 1 gram serat. Hal ini akan memberikan asupan cairan dan serat untuk kebutuhan harian tubuh.

3. Fitokimia dan zat gizi lain dari bahan yang ditambahkan

Kita tentu sering menambahkan bahan makanan lain dalam sambal ya, misalnya terasi untuk sambal terasi, atau perasan air jeruk. Selain itu potongan bahan makanan juga kerap dicampurkan dalam sambal, misalnya petai atau ikan teri.

Hal ini tentu juga akan memberikan asupan gizi yang berbeda ya. Penambahan terasi akan memberikan asupan protein, sedangkan penambahan air jeruk akan semakin meningkatkan vitamin C pada sambal.

Pun sama dengan petai atau ikan teri, tidak hanya membuat sambal makin nikmat, namun kandungan gizinya juga akan kita rasakan, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi