Sama-Sama Menyakitkan dan Bikin Bengkak, Begini Cara Mendeteksi Patah Tulang atau Keseleo

DokterSehat.Com– Banyak orang yang melakukan kesalahan besar saat terkena patah tulang, yakni memilih untuk dipijat ke tukang urut karena menganggapnya sebagai keseleo biasa. Biasanya, hal ini disebabkan oleh gejala patah tulang ataupun keseleo yang cukup mirip, yakni menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Yang menjadi masalah adalah, jika patah tulang diurut, maka kondisinya bisa menjadi lebih parah. Lantas, bagaimana cara membedakan rasa sakit dan pembengkakan karena patah tulang atau keseleo?

Keseleo biasanya terjadi pada bagian ligamen yang menyambung dua tulang. Penyebab keseleo adalah tertarik atau terpelintir yang bisa menyebabkan sensasi nyeri yang luar biasa. Keseleo bisa saja terjadi saat kita berlari, terjatuh, atau sedang melakukan aktifitas fisik yang cukup berat. Tanda dari keseleo adalah memar dan bengkak-bengkak serta terjadinya perubahan warna pada bagian yang terasa nyeri.

Untuk mengatasi keseleo, mau tidak mau kita harus mengistirahatkan bagian tubuh yang nyeri tersebut dan mengompres dingin pada bagian yang membengkak. Jika rasa nyeri sangat terasa, kita juga bisa meminta obat pereda nyeri dari dokter. Biasanya, dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu, keseleo bisa sembuh dengan sendirinya.

Patah tulang juga bisa menyebabkan sensasi nyeri luar biasa dan pembengkakan. Hanya saja, penderita patah tulang biasanya sempat mendengar bunyi patahan sebelumnya. Selain itu, sensasi nyeri sangatlah luar biasa sehingga saat bagian yang bengkak disentuh dengan lembut, penderitanya bisa mengerang kesakitan. Di bagian sekitar tulang yang patah juga biasanya akan mati rasa.

Jika tanda-tanda ini yang terjadi, jangan bawa penderita patah tulang ke tukang urut karena bisa menyebabkan patahan menjadi semakin parah atau bahkan komplikasi yang berbahaya. Segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang diperlukan agar patah tulang bisa disembuhkan meskipun biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.