Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seorang pria berusia 65 tahun kehilangan suaranya karena tenggorokannya membusuk. Penyebab dari masalah kesehatan ini adalah kekeliruannya saat minum obat. Bukannya mengonsumsi obat pereda nyeri, ia ternyata minum tablet deterjen pemutih pakaian.

Salah Minum Obat, Tenggorokan Pria Ini Membusuk

Dilansir dari The Sun, sang pria berpikir jika ia baru saja mengonsumsi parasetamol yang bsia mengatasi sakit kepalanya. Obat ini ia tempatkan di dekat tempat penyucian piring di dapurnya. Sayangnya, ia kemudian mengalami sensasi terbakar dan batuk-batuk parah di tenggorokan dan mulutnya.

Gejala ini semakin parah sehingga ia pun langsung dilarikan ke IGD di Geneva University Hospital yang ada di Swiss hanya satu jam setelah meminumnya. Enam jam kemudian, sang pria mengalami rasa sakit yang luar biasa di mulut dan tenggorokannya hingga akhirnya tidak lagi mampu bersuara.

Setelahnya, sang pria justru mengalami koma hingga beberapa minggu lamanya. Hal ini disebabkan oleh membusuknya bagian tenggorokannya yang akhirnya berimbas pada rusaknya kotak suara. Tak hanya itu, ia juga tidak mampu bernapas sehingga harus dibantu oleh dokter dengan menggunakan tracheotomy.

Setelah 17 hari, kondisi sang pria kemudian membaik. Ia pun mulai bisa mengonsumsi makanan dan minuman lagi. Satu bulan setelah mengonsumsi tablet deterjen pemutih pakaian, tenggorokannya kembali ke kondisi sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Di dalam jurnal BMJ, Dr. Caroline Boonekamp yang menangani kondisi sang pria menyarankan siapa saja untuk tidak menempatkan obat-obatan dekat dengan produk pembersih atau bahan-bahan kimia berbahaya lainnya demi mencegah kasus yang sama terulang kembali.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi