Hati-hati, Salah Menggunakan Cuka Apel Bisa Berdampak Mengerikan

dampak-cuka-apel-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Cuka apel memang memiliki kekuatan mengagumkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan wajah, menghilangkan noda hitam, bahkan mengusir jerawat dan komedo membandel. Cara mendapakannya pun tidak sulit karena telah dijual di berbagai toko online dan offline.

Meski demikian, sebelum menggunakan cuka apel ada baiknya Anda mengetahui dulu sifat-sifat bahan di dalamnya. Banyak yang belum tahu bahwa ada kandungan asam cukup tinggi di dalamnya. Sebagian bahkan mengandung alkohol yang berasal dari proses fermentasi. Karenanya, penggunaan cuka apel yang salah akan mengakibatkan berbagai efek samping, seperti yang disebutkan di bawah ini:

1. Membuat Kulit Iritasi dan Terasa Panas

Iritasi dan kulit panas adalah efek samping yang sangat umum ditemui pada pengguna cuka apel. Bahkan dengan konsentrasi yang tepat, rasa terbakar bisa saja muncul karena tingginya asam yang ada di dalamnya.

2. Menyebabkan Gangguan pada Sel Kulit

Sebagaimana diketahui, kandungan asam dalam cuka apel memang cukup tinggi. Karenanya, bahan ini akan langsung bereaksi jika menyentuh apapun, termasuk kulit dan organ. Karenanya, cuka apel harus terlebih dulu diencerkan sebelum digunakan. Caranya adalah dengan mencampurkannya dengan air dan soda kue. Jika tidak, maka sel kulit akan mengalami kerusakan sehingga menyebabkan ruam dan rasa tidak nyaman.

3. Dapat Memicu Tumbuhnya Jerawat

Dikenal mampu membasmi jerawat, nyatanya beberapa orang justru mengeluhkan efek samping cuka apel yang justru memicu semakin banyak jerawat. Tidak semua kulit rupanya cocok dengan bahan-bahan di dalamnya sehingga jerawat yang muncul semakin banyak.

Cuka apel sendiri memang tidak dirancang untuk digunakan langsung pada wajah. Karenanya, Anda harus melakukan konsultasi dengan ahli dan menggunakannya dengan hati-hati agar tidak merusak kulit.