Sakit Tenggorokan saat Puasa? Atasi dengan Cara Ini! (Terbukti Efektif)

sakit-tenggorokan-saat-puasa-doktersehat

DokterSehat.Com – Aktivitas berpuasa memang menyehatkan. Namun, bukan berarti puasa tidak menimbulkan efek samping terkait kesehatan tubuh. Sakit tenggorokan misalnya. Kurangnya asupan cairan ditambah kondisi cuaca yang panas pada beberapa kasus bisa mengakibatkan sakit tenggorokan saat puasa. Apa dan bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa?

Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Sakit tenggorokan yang Anda alami saat menjalankan ibadah puasa sebenarnya lebih dikarenakan adanya peradangan (inflamasi) pada tenggorokan. Menurut para ahli medis, asupan cairan yang terhenti selama berpuasa menjadi penyebab timbulnya radang tenggorokan yang ditandai dengan sakit tenggorokan tersebut

Berpuasa juga membuat sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan kinerja. Akibatnya, tubuh menjadi rentan terhadap serangan virus dan bakteri. Padahal, infeksi virus dan bakteri termasuk dalam salah satu penyebab sakit tenggorokan saat puasa.

Faktor penyebab sakit tenggorokan saat puasa lainnya meliputi:

  • Penyakit asam lambung
  • Alergi debu
  • Konsumsi makanan pedas saat sahur atau berbuka puasa

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Sakit tenggorokan saat puasa yang Anda alami sejatinya bukanlah sesuatu hal serius dan membahayakan, karena bisa sembuh hanya dalam beberapa hari. Namun, radang tenggorokan menjadi serius apabila disertai dengan gejala lainnya seperti demam tinggi dan sulit menelan makanan. Ini utamanya dialami oleh para penderita penyakit sistem imun seperti kanker dan HIV/AIDS.

Sakit tenggorokan saat puasa seharusnya tidak menjadi penghalang Anda untuk tetap melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Ada beberapa cara mengatasi sakti tenggorokan saat puasa yang bisa dicoba. Berikut informasinya.

1. Minum Air Mineral yang Banyak

Penyebab sakit tenggorokan saat puasa adalah radang tenggorokan, yang mana radang tenggorokan tersebut diakibatkan oleh tidak adanya asupan cairan yang masuk melewati tenggorokan selama berpuasa.

Lakukan cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa dengan minum air putih yang banyak saat sahur dan berbuka puasa, paling tidak 3 gelas. Air putih akan membuat tenggorokan terasa lebih rileks, pun mencegah radang tenggorokan bertambah parah. Satu lagi, baiknya air yang dikonsumsi adalah air hangat.

2. Mengonsumsi Sayuran

Gorengan memang selalu menjadi daya tarik saat berbuka puasa. Akan tetapi, makanan ini justru memicu terjadinya radang tenggorokan. Kalaupun Anda sudah mengalami sakit tenggorokan, mengkonsumsi gorengan sama saja dengan memperparah kondisi tersebut.

Alih-alih makan gorengan, berbukalah dengan mengonsumsi sayuran berkuah, seperti sayur sop, sawi, atau bayam. Selain mudah dicerna, kuah sayur memiliki komposisi garam dan kaldu, yang mana kedua bahan tersebut mengandung mineral sodium.

Menurut seorang ahli gizi di AS, yakni John A. McDougall, MD, sodium mempunyai sifat anti-inflamasi sehingga bisa menjadi cara mengobati sakit tenggorokan saat puasa yang efektif.

3. Berkumur Air Garam

Selain mengkonsumsi sayur berkuah, ada cara mendapatkan manfaat garam dalam mengatasi sakit tenggorokan saat puasa lainnya yang lebih mudah, yakni dengan berkumur air garam.

Cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa dengan air garam yaitu larutkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air, lalu berkumurlah saat sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur.

Ada 2 (dua) cara berkumur dengan air garam. Pertama, Anda bisa berkumur seperti biasa layaknya habis menyikat gigi. Cara kedua dengan menggunakan teknik gargle, yakni berkumur lalu menengadahkan kepala ke atas sembari menahan air agar tetap berada di ujung tenggorokan selama kurang lebih 20 detik sebelum air dibuang.

4. Berkumur Cairan Antiseptik

Atau, Anda bisa berkumur menggunakan cairan antiseptik khusus mulut. Cairan antiseptik berfungsi untuk membasmi kuman dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Sama seperti berkumur menggunakan air garam, Anda bisa menerapkan 2 cara ketika berkumur dengan cairan antiseptik, yakni cara biasa dan teknik gargle.

5. Hirup Uap Panas

Menghirup uap air panas juga bisa jadi solusi atau cara mengobati sakit tenggorokan saat puasa yang efektif untuk membuat sakit di tenggorokan mereda.

Masak air hingga mendidih, kemudian tuangkan air tersebut ke dalam mangkuk, dan hirup uap panasnya. Saran, tutup mangkuk dengan handuk kecil agar uap air panas tidak cepat hilang. Lakukan cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa ini berkali-kali sampai hasilnya terasa.

6. Jangan Berada di Tempat yang Kering

Berada di tempat yang kering atau panas justru akan semakin memperparah sakit tenggorokan saat puasa. Pasalnya, produksi air liur di tenggorokan akan berkurang apabila Anda sedang ada di tempat yang kering dan panas tersebut.

Pasang pelembab udara (air humidifier) atau pendingin ruangan (AC) di tempat Anda berada dan sebaiknya tidak usah keluar ruangan terlebih dahulu selama sakit tenggorokan belum sembuh, terlebih jika cuaca di luar sedang panas-panasnya. Untuk AC, sebaiknya atur suhu agar tidak terlalu dingin.

7. Jangan Banyak Bicara

Semakin Anda banyak berbicara, maka semakin kering pula tenggorokan dan rasa sakit menjadi kian bertambah parah.

Tak hanya itu, mulut yang terbuka saat berbicara juga akan memudahkan debu, bakteri, atau bahkan virus masuk dengan mudahnya ke dalam tengorokan, sehingga yang terjadi selanjutnya adalah iritasi yang juga menyebabkan sakit tenggorokan saat puasa. Cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa akibat iritasi bisa dengan mengenakan masker.

8. Kendalikan Stres

Kondisi sakit tenggorokan yang Anda alami mungkin saja dipicu oleh rasa stres. Jika itu alasannya, maka tak ada cara mengobati sakit tenggorokan saat puasa yang bisa dilakukan selain sebisa mungkin mengelola stres dengan baik, sambil melakukan cara mengobati sakit tenggorokan saat puasa lainnya untuk mempercepat proses penyembuhan.

9. Istirahat Cukup

Sejumlah ahli telah menekankan bahwasanya istirahat adalah cara efektif bagi tubuh untuk bisa melawan infeksi, tak terkecuali infeksi tenggorokan yang berakibat pada rasa sakit tenggorokan saat puasa.

Apabila Anda mengalami sakit tenggorokan saat puasa, pastikan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Idealnya, tubuh membutuhkan 7-8 jam waktu tidur setiap harinya. Luangkan juga sedikit waktu untuk beristirahat ringan di sela-sela aktivitas Anda sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa tersebut.

Bagaimana, sudah tahu cara mengobati sakit tenggorokan saat puasa? Selamat mencoba dan semoga sakit tenggorokan Anda cepat sembuh agar ibadah puasa tidak terganggu.