Terbit: 2 Mei 2018 | Diperbarui: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat hamil, daya tahan tubuh ibu umumnya akan melemah sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sakit tenggorokan saat hamil. Bagi beberapa ibu, sakit tenggorokan saat hamil memang cukup mengganggu. Bagaimana mengatasinya?

Sakit Tenggorokan Saat Hamil? Ini Solusinya

Penyebab Sakit Tenggorokan saat Hamil

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh banyak hal. Untuk mengatasinya perlu diketahui penyebab utamanya agar mendapat penanganan yang tepat. Beberapa penyebab sakit tenggorokan saat hamil antara lain:

1. Infeksi bakteri atau virus

Melemahnya daya tahan tubuh dapat menyebabkan tubuh ibu hamil rentan mengalami infeksi baik karena bakteri, virus atau jamur. Ketiga hal ini yang menyebabkan radang tenggorokan yang dapat memicu sakit tenggorokan.

2. Naiknya asam lambung

Kenaikan kadar hormon progesteron pada masa kehamilan dapat memicu kenaikan asam lambung. Asam lambung yang mencapai tenggorokan dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan sakit tenggorokan.

3. Muntah

Muntah saat hamil dapat disebabkan oleh peningkatan kadar hormon yang dapat memicu terjadinya morning sickness. Muntah yang disebabkan oleh morning sickness dapat menyebabkan tenggorokan luka dan sakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Untuk mengatasi sakit tenggorokan, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa pengobatan alami seperti:

1. Minum madu

Madu dikenal dapat membantu menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan. Anda bisa meminum satu sendok makan madu setiap hari atau menambahkannya ke dalam minuman air atau teh hangat. Selain itu Anda juga bisa menambahkan madu dengan lemon untuk konsumsi sehari-hari.

2. Kumur air garam

Berkumur air garam dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan. Kumur air garam juga dapat mengurangi bengkak dan mengencerkan dahak pada tenggorokan. Campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat lalu berkumurlah secara rutin.

3. Perbanyak minum air putih

Minum air putih dapat membantu Anda untuk meredakan rasa tidak nyaman karena sakit tenggorokan. Karena itu sebaiknya Anda mengonsumsi banyak air putih untuk melegakan tenggorokan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi