Sakit Pinggang Sebelah Kiri: Penyebab dan Obat untuk Mengatasinya

penyebab-sakit-pinggang-sebelah-kiri-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda pernah mengalami sakit pinggang sebelah kiri? Jika ya, maka sebaiknya Anda perlu waspada karena meskipun terlihat sepele, pinggang kiri sakit ternyata merupakan sinyal dari adanya penyakit serius yang hinggap di tubuh Anda. Lantas, apa penyebab sakit pinggang? Adakah obat penghilang sakit pinggang sebelah kiri?

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri bisa jadi pertanda tubuh Anda mengalami gangguan kesehatan, dari yang sifatnya ringan, bahkan serius sekalipun. Berikut ini penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu Anda ketahui.

1. Otot Tegang

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang pertama adalah otot tegang. Penyebab satu ini sifatnya ringan dan tidak berbahaya. Otot yang tegang menyebabkan serat otot robek, meski hanya sebagian.

Alhasil, otot akan mengalami peradangan yang kemudian menimbulkan efek nyeri atau sakit. Otot lumbar menjadi salah satu otot yang kerap mengalami ketegangan, hingga membuat pinggan sebelah kiri terasa sakit.

2. Batu Ginjal

Pinggang kiri sakit juga kemungkinan disebabkan oleh penyakit batu ginjal. Letak ginjal berada di dekat pinggang sebelah kanan dan sebelah kiri. Tak ayal, jika adanya batu ginjal akan secara otomatis menimbulkan rasa sakit pada pinggang, seperti sakit pinggang kiri jika batu ginjal terdapat di ginjal sebelah kiri.

Batu ginjal adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh banyaknya kandungan kimia yang ada di air kencing (urine), seperti kalsium, asam urat, hingga struvite.

3. Infeksi Ginjal

Selain batu ginjal, infeksi ginjal juga bisa menjadi penyebab pinggang kiri sakit, apabila ginjal yang terinfeksi adalah ginjal sebelah kiri. Pada umumnya, infeksi ginjal diawali dengan rasa nyeri di area kandung kemih yang selanjutnya menjalar hingga ke bagian pinggang.

Infeksi batu ginjal, selain menyebabkan sakit pinggang, juga mengakibatkan penderitanya mengalami demam, mual disertai muntah, dan anyang-anyangan. Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda merasakan gejala infeksi ginjal ini agar bisa segera ditangani sebelum bertambah parah.

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau sindrom usus adalah kondisi di mana usus mengalami iritasi akibat kontraksi yang tidak teratur. Akibat IBS ini salah satunya sakit pinggang sebelah kiri yang tentunya akan sangat mengganggu.

Selain pinggang kiri sakit, IBS ditandai oleh sejumlah gejala lainnya sepreti perut kembung, nyeri perut, dan sakit kepala.

5. Gangguan Sistem Reproduksi

Adanya gangguan pada sistem reproduksi juga jadi salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kiri. Adapun gangguan sistem reproduksi yang dimaksud seperti endometriosis dan fibroid.

Endometriosis adalah kondisi munculnya jaringan uterus di luar Rahim, sedangkan fibroid disebabkan oleh berkembangnya jaringan abnormal jinak di dalam Rahim. Keduanya sama-sama menimbulkan efek nyeri pada pinggang, pun sejumlah gejala lainnya seperti siklus haid yang abnormal, sakit saat melakukan hubungan seks, hingga frekuensi buang air kecil yang berlebihan.

6. Radang Sendi Panggul (Sacroilitis)

Siapa sangka, penyebab pinggang sebelah kiri sakit juga bisa karena adanya peradangan pada sendi panggul Anda. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah sacroilitis. Sacroilitis atau radang sendi panggul adalah gangguan kesehatan pada sendi panggul akibat rusaknya jaringan penyambung antara tulang di area panggul.

Kendati merupakan persendian yang kokoh, sendi panggul juga tidak lepas dari risiko terkenan artritis degeneratif. Radang sendi panggul diawali dengan terbentuknya robekan kecil. Nah, robekan tersebut lama-kelamaan semakin melebar akibat pergerakan tulang. Akibatnya timbullah rasa nyeri pada pinggang sebelah kiri dan juga kanan.

Radang sendi panggul atau sacroilitis menjadi jenis sakit pinggang yang memiliki kontribusi besar terhadap sakit pinggang yang sering dialami oleh banyak orang.

7. Stenosis Spinal

Stenosis spinal adalah penyakit pinggang yang disebabkan oleh adanya penyempitan di bagian tulang belakang sehingga mengakibatkan saraf yang ada di tulang belakang tersebut tertekan. Stenosis spinal ditandai dengan gejala pinggang kiri sakit, dan gejala-gejala khas lainnya seperti kram, kebas, hingga tubuh terasa lemas.

Faktor pemicu terjadinya stenosis spinal sendiri ada beberapa macam, seperti struktur tulang yang berubah seiring bertambahnya usia.

8. Skiatika

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang satu ini terjadi karena saraf penghubung tulang belakang dan tungkai mengalami tekanan akibat pergeseran bantalan saraf yang ada di tulang belakang, atau adanya kerusakan pada tulang punggung.

Skiatika ditandai dengan gejala khas seperti pinggang kiri sakit, kesemutan, dan nyeri di area tungkai dan kaki. Segera periksakan diri ke dokter sekiranya Anda merasakan gejala-gejala tersebut agar dapat diketahui penyebab pastinya.

9. Cedera

Rusaknya otot di area pinggang sebelah kiri adalah penyebab pinggang sebelah kiri yang umum terjadi. Kondisi ini sendiri disebabkan oleh adanya cedera di area tersebut, bisa karena jatuh atau terkena benda tumpul.

Cedera bukan merupakan hal yang terlalu serius. Namun, penanganan medis harus dilakukan sedini mungkin guna mencegah kondisi cedera bertambah parah yang mana bisa mengganggu aktivitas.

Obat Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Pinggang kiri yang terasa sakit bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan khusus. Berikut ini adalah obat sakit pinggang sebelah kiri yang bisa Anda konsumsi saat mengalami sakit pinggang kiri.

1. Anti-nyeri

Meredakan sakit pinggang sebelah kiri bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat anti nyeri seperti NSAID (anti-radang), ibuprofen, dan natrium naproksen. Obat-obatan ini dapat Anda temui di apotek. Namun, pastikan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri tersebut dengan resep dokter atau sesuai aturan pakai yan tertera di kemasan obat.

2. Obat Topikal

Pada kasus sakit pinggang sebelah kiri yang tidak terlalu parah, Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri jenis topical seperti balsam dan koyo. Oleskan atau tempelkan balsam dan koyo di area yang mengalami sakit secara rutin sampai rasa sakit hilang.

3. Obat Relaksan Otot

Jika sakit pinggang tak kunjung membaik pasca diberi obat pereda nyeri, dokter kemungkinan akan memberikan Anda obat relaksan otot. Obat ini bertugas untuk memerintahkan otak agar mengendurkan otot kaku. Beberapa contoh obat relaksan otot adalah baclofen, eperison, dan cyclobenzaprine.

4. Anti-depresan

Selain digunakan untuk menghilangkan depresi, obat anti-depresan juga efektif guna meredakan nyeri, termasuk nyeri pada pinggang sebelah kiri. Ini karena obat anti-depresan memiliki fungsi untuk mengubah senyawa kimia, seperti norepinefrin dan serotonin, sehingga rasa sakit bisa hilang seketika.

5. Opioid

Opioid sifatnya untuk menghilangkan nyeri akut. Jadi, jika sakit pinggang sebelah kiri Anda sudah sangat parah, maka mengonsumsi obat-obatan opioid adalah solusinya. Kendati demikian, obat ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Perlu adanya resep dari dokter dan control berkala guna melihat efektivitasnya.

Selain dengan obat-obatan kimia, sakit pada pinggang sebelah kiri juga bisa diobati dengan obat-obatan herbal seperti:

  • Kunyit
  • Jahe
  • Capsaicin (senyawa kimia yang ada pada paprika, cabai)

Itu dia informasi mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan obat sakit pinggang sebelah kiri yang perlu Anda ketahui. Jangan segan juga untuk memeriksakan diri ke dokter sekiranya sakit pinggang yang dirasa tak kunjung membaik dan malah bertambah parah. Semoga bermanfaat!